24 July 2017 • Selamat Sore

Profil

Komunitas Andong atau yang populer disebut CahAndong (CA) merupakan sekumpulan bloger yang tinggal, berdomisili, pernah tinggal di Yogyakarta, atau yang memiliki hubungan dan kenangan tersendiri dengan Yogyakarta.

Kenapa Andong?

Andong merupakan salah satu alat transportasi tradisional yang masih eksis di Yogyakarta dan sekitarnya, seperti Solo dan Klaten. Keberadaan andong sebagai salah satu warisan budaya Jawa memberikan ciri khas kebudayaan tersendiri yang kini masih terus dilestarikan.

Walaupun sudah banyak kendaraan bermotor yang lebih cepat dan murah, tetapi pengguna Andong di Jogja ini masih cukup banyak. Andong-andong ini dapat ditemui dengan mudah di sepanjang jalan Malioboro, daerah Ngasem, serta di Kotagede.

Yogyakarta yang sering disebut dengan Jogja, Yogya, Yogja, atau Jogya, yang terkenal dengan gudeg, kraton, bakpia, joglo, blangkon, dan kota pendidikannya ini ternyata memiliki keunikan lain yang menjadi ciri khas. Keunikan itu adalah andong.

Meskipun bernama Andong, komunitas ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan alat transportasi tersebut. Nama Andong dipilih karena alasan unik dan merupakan salah satu ciri khas dari Yogyakarta.

CahAndong terbentuk karena seringnya kami, bloger Yogya, Solo, dan sekitarnya bertemu dalam acara kopdar alias kopi darat. Dari pertemuan dan seringnya berkumpul ini akhirnya kami menemukan suatu kesamaan, rasa kebersamaan, dan kekeluargaan.

Tidak hanya berkumpul, beberapa acara pernah kami lakukan untuk mempererat jejaring sosial, antara lain memberikan sumbangan kepada salah satu rekan bloger yang menjadi korban gempa, hingga membuat acara pemulihan psikologis anak-anak SD di daerah Klaten (Klaten Ceria)

Kemudian pada tanggal 7 Oktober 2006, yang bertepatan dengan ultah Kota Yogyakarta yang ke-250, Komunitas Andong lahir bertempat di Warung Mak Zam.

Maksud dan Tujuan

Blog CahAndong yang beralamat di http://www.cahandong.org/ mulai online sejak 1 November 2006. Diharapkan blog ini bisa menjadi ajang komunikasi, silaturahmi, dan penyebaran informasi dari, oleh, dan untuk para bloger, terutama temen-temen CahAndong.

Isi blog sebagian besar berupa kumpulan postingan blog-blog temen-temen CA yang merupakan hasil agregasi dari feed blog-blog yang terdaftar. Tujuannya untuk mengetahui postingan terbaru temen-temen CA dengan cepat dan mudah.

Kasultanan Ndoyokarta Hadiningrat

Nama Kasultanan Ndoyokarta Hadiningrat (sering disebut dengan Kasultanan saja) mulai populer digunakan untuk menyebutkan nama lain dari CA. Berawal dari gojek kere, akhirnya sebutan ini sering dipakai untuk menunjukkan “susunan organisasi” CA (yang sebenernya ndak mempunyai struktur organisasi) yang dipimpin oleh seorang Sultan yang dibantu oleh para menteri dan para jelatanya.

Kasultanan ini hanyalah fiktif belaka, tanpa mempunyai maksud melecehkan kelembagaan Kasultanan Yogyakarta Hadiningrat.

Kegiatan CahAndong

Kegiatan CahAndong ndak jauh-jauh dari aktivitas para bloger. Mulai dari kopi darat (kopdar) untuk menjalin silaturahmi, mencoba mengangkat sektor pariwisata Jogja sesuai dengan bahasa bloger, hingga melakukan aktivitas sosial dan pelatihan-pelatihan ngeblog.

Sektor wisata dan silaturahmi coba digabungkan oleh CahAndong dengan cara melakukan kopdar di tempat-tempat wisata atau menjadi pemandu dadakan semampunya bagi rekan-rekan bloger luar Jogja yang sedang berkunjung ke Jogja.ndapatkan banyak teman bloger.