Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home1/andong/public_html/wp-includes/cache.php on line 105
Pesta Blogger Jogja 2009 » CAHANDONG.ORG


24 November 2014 • Selamat Malam

umum

Pesta Blogger Jogja 2009

Pesta Blogger Jogja 2009 pada hari Kamis (15/10) menutup rangkaian roadshow menuju Pesta Blogger 2009. Mengambil tempat di pendopo Jogja National Museum, acara ini dihadiri oleh ratusan blogger dan warga komunitas maya di sekitar Jogja, Solo, Magelang, Semarang. Kita juga mendapat tamu spesial dari Kalimantan, Bandung, dan Makasar! (Foto di atas diculik dari blognya Otakanan)

Malam itu dibuka dengan kesenian gejok lesung oleh ibu-ibu dari Nitiprayan. Ketujuh ibu-ibu itu memukul lesung padi dengan melodi harmonis yang bikin merinding. Dilengkapi nyanyian dalam bahasa Jawa, tiba-tiba aura JNM menjadi mistis.

Acara Pesta Blogger Jogja 2009 memang mempertajam tema “one spirit one nation”. Dalam pidato pembukanya, Momon menjelaskan bagaimana kota Jogja merupakan tempat bertemunya bermacam-macam budaya, dan satu-sama lain bisa hidup harmonis dan penuh toleransi.

Gejlog Lesung Bersama-sama Resmi Membuka Acara, foto dari Bengawan

Sebagai lambang gotong-royong untuk meraih kemakmuran dan kesejahteraan, wakil-wakil komunitas diundang untuk memukul lesung padi bersama-sama. Suara lesung yang membahana hingga ke ujung pendopo meresmikan dimulainya malam Pesta Blogger “mini”.

Ryudeka dan Alya akhirnya selesai membatik setelah berjam-jam menguasai tempat heheheheh :p

Satu Semangat, Satu Bangsa
Sebelum acara dibuka, peserta sudah bisa aktif menelisik sajian kebudayaan di venue. Ada pameran batik nusantara, dan “mBatik LIVE” dimana peserta dipersilahkan membatik dengan canting dan malam panas. Dan ternyata membatik itu tidak segampang yang kita kira. Tapi, walaupun susah, animo peserta untuk mencoba batik sangat tinggi. Ibu-ibu yang diundang khusus untuk memberi demo batik akhirnya harus turun panggung, supaya ada ruang lagi bagi para peserta yang haus ingin mencoba membatik.
Di sudut lain pendopo tersedia Pameran Kopi Nusantara yang didukung oleh Kedai Kopi. Konon, kopi Indonesia termasuk yang terbaik di dunia. Ada beberapa jenis kopi di sana seperti Gayo, Mandailing, Linthong, West Sumatra, Java Village, Dark Sumatra, Wamena, dan Toraja.

Tak lupa panitia juga menyiapkan pameran fotografi yang mengupas sisi lain Jogja.

Tercatat ada sekitar 200 orang di JNM. Beberapa tamu dari Jakarta nampak menghiasi JNM, ada Iman Brotoseno, Enda Nasution, Budi Putra, dan Ndoro Kakung. Tristram Perry yang mewakili Kedutaan Besar Amerika menitipkan tiga boks buku untuk melengkapi perpustakaan kampung.

Nasi Brongkos, foto Oleh Wijna

Nasi Brongkos, foto Oleh Wijna

Sepanjang malam hadirin bisa leluasa ngobrol ngalor-ngidul sambil ngemil jajanan pasar seperti puthu, kipo kotagede, dan klepon. Hidangan utama malam itu adalah nasi brongkos yang disajikan dengan pincuk dan nasi jinggo khas bali. Nasi brongkosnya (bukan nasi gudeg) enak banget, kuahnya gurih dan bumbunya pas; sementara nasi jinggo rasanya nendang banget. Lauknya yang terdiri dari suwiran ayam lombok, kering tempe, dan bakmi goreng; dimasak pedas dan spicy. Indonesia banget!

Gelar Kesenian Nusantara
Sembari acara kopdar berlangsung, panggung utama terus menerus dihiasi oleh kesenian nusantara untuk merayakan keragaman budaya Indonesia. Ada Tari Gambyong dari Jawa Tengah, lalu dilanjutkan dengan Tari Cendrawasih dari Bali.

Setelah diselingi presentasi akudanpohonku.com, acara disambung dengan tarian perang Hedung, dari Adonara, Flores. Tarian yang biasanya dimainkan untuk menyambut pahlawan ini dimainkan di lantai pendopo. Para mahasiswa dari Adonara ini mamainkan parangnya (parang asli!) ke kiri dan ke kanan. Untung gak ada yang kena! :P

Tari Hedung Adonara, foto oleh Suprie

Seketika setelah penari Adonara keluar dari pendopo, dipanggung langsung dilantunkan nyanyian khas Aceh. Tujuh penari laki-laki naik ke panggung, lalu menarikan tari Saman khas Gayo. Gerakan tari Saman yang tangkas dan rumit, memukau penonton dari awal sampai akhir.

Tari Saman Aceh, foto ngampil Bengawan

Tari Dolo-Dolo
Acara ditutup dengan foto bersama seluruh pesera di panggung. Setelah itu, tiba-tiba musik Adonara berkumandang dan belasan pemuda-pemudi dari adonara menarik Mas Iman, Tristram Perry, dan Mas Enda untuk menari Dolo-dolo. Tak lama kemudian seluruh peserta ikut membentuk lingkaran dan mengikuti gerakan tari Dolo-dolo. Hentakan kaki hadirin mengiringi semangat kebersamaan yang menggema hingga ke mana-mana, seperti yang ditulis oleh Gudeg.net:

Bayangkan saja, tarian dan iringan musik yang sedang ditampilkan berasal dari Nusa Tenggara Timur, namun yang menari bergandengan menggunakan pakaian dari berbagai macam suku yang ada di Indonesia, ada yang memakai blangkon dan berbaju surjan Jawa, ada yang mengenakan ulos Batak, ada yang berikat kepala ala Bali, peci dan sarung ala Betawi, dan beberapa lagi lainnya, yang semua dengan akrab dan bergembira menari bersama.—Gudeg.net

Semua Ikut Menari Dolo-Dolo, foto pinjam Wijna

Semua Ikut Menari Dolo-Dolo, foto pinjam Wijna

Seusai acara, peserta dipersilahkan untuk mengambil bibit pohon mangga yang disedikan oleh panitia. Pohon yang sudah ditanam nantinya akan ditanam dan dipamerkan di situs akudanpohonku.com.

Seluruh peserta juga bisa mendapatkan domain dan hosting gratis dari Bakoel Hosting, dan akan dimumkan 15 November besok. Tidak kurang membagi-bagi suvenir, Panitia dan XL mengadakan lomba review XL yang akan ditutup tanggal 20 besok. Selain itu, hasil batikan yang terbaik akan mendapatkan batik tulis dari Ibu Ir. BRAy. Cakraningrat.

Kawan-kawan dari Getux menggondol bibit mangga, foto oleh Gage

Kami senang bahwa acara Pesta Blogger Jogja 2009 selesai dengan baik. Suasana kebersamaan dan bangga karena dipersatukan oleh nusantara membuat kami merasa bahwa nantinya Indonesia akan dilimpahkan ke generasi yang tepat. Hidup blogger!

Foto-foto Lagi!

Foto-foto Lagi!

Panitia mengucapkan terima kasih atas dukungan sponsorship oleh Telkom, XL, dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta yang telah mendukung acara ini. Selain itu, tanpa support yang luar biasa dari banyak sahabat, acara ini tidak bisa berjalan dengan baik. Terima kasih kami sebesar-besarnya kepada Ibu Ir. BRAy. Cakraningrat, Mas Mbak Loenpia, Jogja National Museum, Kedai Kopi, Pino, Teater Gadjah Mada, Sanggar Taman Pelajar Aceh , Gejok Lesung Nitiprayan, Unit Kesenian Jawa Gaya Surakarta UGM, Unit Tari Bali UGM, Keluarga Mahasiswa Adonara Yogya, dan Badan Pengawasan Aliran Sungai Opak Serayu Progo.

Dan, terima kasih besar untuk semuanya yang hadir dalam Pesta Blogger Jogja, tanpa Anda, acara ini akan hambar!

Tulisan-tulisan terkait Pesta Blogger Jogja:


34 Komentar

  1. ndoro kakung

    sayang sekali, acaranya terasa terlalu cepat. :(

  2. hanny

    aku mau nasi brongkos-nya lagiiii. enak bangeeeeeettttttt!!! :) terima kasih banyak juga untuk teman-teman Panitia Pesta Blogger chapter Jogja untuk kerja keras dan dukungannya! setuju dengan ndoro kakung, acaranya rasanya kok terlalu cepat usai. pengen lagi. seperti nasi brongkos-nya itu–yang porsinya kecil. bikin pingin nambah hehehe :)

  3. mbakDos

    aaahhh keren bangeeettt!!
    nanti PB di jakarta begitu gak ya?! ;))

  4. -alle-

    gak ada fotoku :-w

  5. zam

    kampretnya aku gak bis datang.. :(

  6. serdadu95

    Lhohhh… ada nanem pohon segala toww?? Nyesel saiya pulang duluan. :((
    Btw, selamat atas suksesnya acara tsb.

  7. kepikcantik

    waaaaahhh nampaknya seru skaliiiiiii!! :x
    *mengiri berat*
    anyway, slamat buat cahandong yah!:)>-
    adakah yang ikut PB jkt besok?

  8. Aco

    Salute…indonesia bangets..bener-bener one spirit one nation…kreatif..memuaskan, mengenyangkan :d
    Saking serunya…tau-tau acara dah abis..padahal masih pengen lagi?
    maju terus CA dan blogger Indonesia

  9. Funkshit

    saya cuman sedikit nonton gejok lesung, tidak ikut membatik, tidak mencicipi kopi dan bronkos…

    cih

  10. leksa

    aku malah ga sempat nyicip Brongkos nya Jeeeee…. :-w

    *sempat ditanya2 beberapa peserta, “mas2, itu nasi brongkosnya boleh nambah lagi ndak? …” :))

    Thx Pak Yahya untuk rekomendasi kuliner Brongkos nya :))

  11. paris

    wah ternyata banyak yg belum nyicipi nasi brongkosnya … :((

    kontrak nanem pohonnya berkekuatan hukum ya kemaren itu … :-\

  12. geblek

    hanya bisa melambaikan tangan dada dada>:/

  13. Goen

    cih, nggak sempat makan nasi brongkos jugak…

  14. manusiahero

    tanks teman2 semua…:x:x:x

  15. SempAk

    Aku gak dapet mug XL :((

  16. Tongkonan

    Aku hanya bisa berharap tahun depan bisa ikut.

  17. a!

    meriah tenaaaan. dadi ngiri. :((

  18. eka dirgantara

    wow….meriahnya………..

    ikutan ngiri kayak bang a! :((

  19. lina sophy

    cihuuuuuuy ada aku disitu… :d/

  20. cyra

    meriah euy…

  21. mas doyok

    sangat menyesal saya gak bisa dateng

    blogger PURworejo

  22. sasch

    haha aku gak kliatan! :-?

  23. nahdhi

    Sayang sekali saya ndak mengikuti rangkaian acara sampai selesai di Jakarta itu. Malah fieldtrip. :(

  24. kuss

    hiks! aku gak kliatan. lha gak ikut. pdhl acrnya di bekas kampusku. selamat, selamat! :d

  25. yogie

    merchandise-nya mana nie????? :-?

  26. falltara

    :o

    :o

    saya baru baca ini…
    rupanya..
    jadinya saman gayo yah???
    wah wah..
    saya kok ndak tau ya gmana ceritanya bs bgitu..
    maap ya mas momon..

    semoga ndak kecewa krn ndak isa liat cewe2 cantik..
    :d

  27. Galuh Ristyanto

    :d/ Tahun ini ikut ah……………..:d/

  28. erwin

    wahhhhh kulon nuwunnnn blogger baru ijin ngikut kumpul-kumpul salam kenal buat semuanya:x

  29. pasarjogja

    pingin gabung, cuman kalo syaratnya mesti ngumpul malem-malem agak berat, anak ku trus piye…
    mbok ya syaratnya ngak usah berat-berat bagi bu-rt..

  30. sakajogja.blogspot.com

    :d
    assalaamu’alaykuum…nak baru nii….ternyata kumpulan blogger jogja ga kalah dg batam ya? Siip…

    add daku juga yo..: sakajogja.blogspot.com Nuwun…
    wassalaamu’alaykuum

  31. janue

    carane ndaftar anggota pie je… perasaan aku ket mbien daftar gak pernh di uprove… :(
    http://for-themes.blogspot.com

  32. Achmad Zulfikar

    Pesta Blogger Jogja 2010 , kapan yahh :)

  33. paknefaiz

    kulonuwun Mas-mas, mbak-mbak…

    salam kenal. saya pakne faiz dari sleman. saya menyediakan blog ini untuk siapa saja yang sedang mencari pasangan hidup. kontak jodoh begitu. he.he.he

    mudah-mudahan berguna.

    salam hormat,

    paknefaiz

  34. ari

    hai! salam kenal.
    mungkin ada yang masih suka melihat kebanyolan mr. bean, saya menyediakan blog berisi kumpulan film mr. bean.

    salam.
    :d


Silakan Berkomentar

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

gedongkuning