20 November 2017 • Selamat Sore

umum

Wisata Blogger Ke Wonosobo

Akhir  pekan minggu lalu(23/07), CahAndong mendelegasikan lima jelatanya untuk menghadiri Wisata Blogger di Wonosobo. Acara ini merupakan salah satu program pemerintah setempat dalam rangka memperingati HUT Wonosobo ke 184 tahun. Mereka lima delegasi dari CahAndong tersebut adalah Alle, Fickry, Gun, Iphan dan Nico. Adapun Zam, Siwi dan Sita, menyusul dihari berikutnya.

Wisata Blogger. Ya, ini adalah nama dari event yang diselenggarakan pada tanggal 24-25 Juli 2009. Penyelenggaranya adalah Komunitas Blogger Wonosobo yang ternyata baru akan dilaunching tepat pada malam harinya perayaan HUT Wonosobo. Malam itu(24/07), dalam sarasehan  bersama Bupati dengan berbagai komunitas blog di Pendopo Bupati Wonosobo, diperkenalkanlah Wonosobo Blogger Community.
Keseluruhan acara dalam Wisata Blogger ini adalah wisata. Sesuai dengan namanya, peserta diajak untuk mengunjungi acara dan objek wisata yang ada di wonosobo. Antara lain,

Kirab HUT Wonosobo
Kirab HUT Wonosobo merupakan sebuah acara pesta rakyat. Bentuk cermin masyarakat dalam mensyukuri atas nikmat yang diberikan. Acaranya berupa upacara. Bupati, pegawai, prajurit dan segenap rakyatnya berkumpul di alun-alun kota. Upacara seremonial lengkap dengan pakaian jawa menjadi daya tarik bagi wisatawan. Diakhir upacara, berbagai hasil bumi lokal, jajanan dan makanan dibagikan serta diperebutkan oleh masyarakat setempat.

Pusat Kerajinan Batik Sapuran
Siapa yang menyangka ternyata di pelosok desa wonosobo(menuju ke lokasi butuh perjuangan, jalannya yang tidak terawat serta lokasi yang cukup jauh), tepatnya desa talunombo, kecamatan Sapuran, terdapat industri kerajinan batik. Industri batik ini mulai ada sejak tahun 1992 yang pada awalnya hanya memproduksi setengah jadi. Tapi sekarang, pusat kerajinan batik di desa ini sudah dapat menghasilkan produk batik sudah jadi dengan motif khasnya daun Carica dan Purwaceng. Di pusat kerajinan batik ini, kami berkesempatan untuk melihat hasil batik serta proses pembuatan batik tersebut.

Pemandian Air Hangat, Kalianget
Karena wonosobo merupakan dataran tinggi dengan sisa-sisa gunung vulkanik di masa lalu, terdapat juga pemandian air hangat, Kalianget. Silahkan jika berkunjung ke Wonosobo untuk berkunjung ke Kalianget.

Launching Wonosobo Blogger Community
Bertempat di Pendopo Bupati Wonosobo dengan dihadiri oleh Bupati Wonosobo dan jajarannya, Wonosobo Blogger Community di-launching.  Tampak hadir juga manusia kursi pesta blogger, Iman Brotoseno, Paman Tyo dan Mas Happy dari dagdigdug.  Acara ramah tamah pun berlangsung antara berbagai komunitas yang hadir saat itu. Tak lupa, CahAndong sekali lagi menyerahkan jelatanya, Sita untuk menghibur peserta yang hadir dan berduet dengan Pak Bupati(melupakan Fickry yang ikut menyumbangkan suaranya).

Wisata Dieng, Puncak  Sikunir
Masih sedikit diantara kita yang mengetahui Puncak Sikunir ini. Sehingga membuat kami penasaran bertanya-tanya perihal puncak ini. Informasi yang kami terima, di Sikunir ini pengunjung bisa melihat sunrise serta Gunung –gunung di sekitarnya. Sebelum menuju puncaknya, terdapat desa yang letaknya tertinggi di Pulau Jawa. Bisa dibayangkan bagaimana excitednya kami ketika mengetahuinya. Sayangnya, untuk menuju puncak, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 15 menit melalui jalan setapak yang terjal. Bagi yang tak terbiasa naik gunung, akan sedikit kesulitan. Mungkin pemerintah setempat bisa mengemas objek wisata ini seperti Pananjakan Bromo. Satu lagi, di Sikunir ini terdapat telaga. Jika diamati sekilas, telaganya hampir mirip dengan Danau Toba berikut Pulau Samosirnya.

Telaga Warna
Setelah menghabiskan waktu melihat sunrise, wisata berlanjut ke Telaga Warna. Masih di kawasan Dieng, Telaga Warna merupakan salah satu objek wisata favorit. Dinamakan telaga warna karena pada waktu-waktu tertentu, warna dari telaga berubah-ubah. Ini tergantung dengan ganggang yang ada di telaga ini. Di Telaga Warna ini juga banyak terdapat wisata spiritual. Yang pada momen-momen tertentu, tempat ini banyak didatangi para peziarah dan para pencari spiritualitas bagi yang meyakininya.

Candi Arjuna
Rombongan pun berlanjut ke Candi Arjuna. Lokasinya tak jauh dari Telaga Warna. Tak banyak yang bisa diketahui dari Candi ini, karena tidak ada Guide yang mendampingi. Kami pun menikmati kumpulan Candi-candi ini dengan berfoto ria dan menghirup segarnya udara pegunungan.

Telaga Menjer
Setelah dari kawasan Dieng, perjalanan pun masih berlanjut. Kali ini menuju ke Telaga Menjer. Sebuah telaga yang sunyi, dingin dan rerindangan pohon yang tampak sejuk. Di sini kami hanya berbincang-bincang di pinggir telaga. Ada juga beberapa peserta Wisata Blogger yang mengitari telaga dengan menggunakan perahu motor. Huh, tenang sekali telaga ini.

Wisata Kuliner, Penutup Acara
Mendekati akhir dari rangkaian acara Wisata Blogger, kami diajak untuk mencicipi Mie Ongklok. Makanan khas Wonosobo. Kalau ke Wonosobo tidak mencicipi mie ongklok ini, sudah pasti rugi sekali. setelah menikmati mie ongklok ini, berakhirlah rangkaian acara dari Wisata Blogger ini. Panitia menutupnya secara resmi. Acara berlangsung dengan santai serta sedikit pemaparan dari pihak sponsor. Setelah itu, menuju ke toko oleh-oleh. Membeli jajanan khas lainnya, seperti manisan carica atau purwaceng.

Dalam rangkaian acara Wisata Blogger ini, sungguh mengesankan. Panitia tampak yang sangat siap menjamu rekan-rekan blogger, tak ketinggalan pemerintah setempat yang sangat mendukung sepenuhnya akan acara ini. Rekan-rekan blogger diperlakukan layaknya tamu dan dijamu dengan ramah tamah hangat layaknya seorang saudara. Itu yang kami rasakan ketika dalam rangkaian acara. Dapat lebih mengenal alam dan budaya Wonosobo lebih dekat.

Tak lupa kami ucapkan terimakasih atas undangannya. Serta ucapan selamat kepada teman-teman Wonosobo blogger Community  atas launchingnya. Semoga kegiatannya berjalan dan langgeng terus serta dapat ikut bersinergi dengan komunitas-komunitas blogger lainnya. Jujur, kami sangat berkesan dan menikmatinya dalam mengikuti acara ini.


30 Komentar

  1. ekowanz

    ngiri ga ikut kemarin :((

  2. chiw

    foto sayah cuman satu :(

  3. Funkshit

    sita beraninya pake kacamata mluluu

  4. nicowijaya

    utang lunas!:D

  5. tukang jalan

    aiiih ada saya :o

  6. iphan

    hore aku ganteng. loh?!

  7. antyo rentjoko

    lain kali saya mau ke dieng. :D
    btw mi ongkloknya enak. sita nambah, makanya trimbilannya nggak kunjung sembuh.

  8. iphan

    aku ganteng! *komen pertama belom masuk. kenapa nih?!*

  9. jarwadi

    keren 33x

  10. nicowijaya

    @iphan, stm mana mas?

  11. Fickry

    nico melupakanku! itu udah muka temboknya di nada pertama..huaseeeeeeeeemmmm

    *pentung2*

  12. antyo rentjoko

    Oh ya, batik motif godong carica dan purwaceng gak difoto ya?

  13. koPREM

    ..matur nuwun dab wes podo rawuh nang Wonosobo!!! mugo2 amale diparingi ganjaran seko Gusti… heheheh!!! salam kenal seko blogger ndeso!!! :D

  14. Mbilung

    Waaaah … pentung(!)nya banyak … Seru juga ya.

  15. ajengkol

    Selamat untuk Serayu Blogger Community semoga tetap menjadi Blogger yang Rendah Hati

  16. chiw

    @mas Paman
    sudah difoto, Man…

    ada di album fb sayah…

    :d/

  17. Yahya Kurniawan

    Di Dieng pada kedinginan gak? ;)

  18. meong

    from wonosobo with love…

    oia, bagaimana hasil rayahan yg berhasil digaet salah satu jelata dan menjadi jimat keramat CA? masih baik2 aja, belum kisut kan?

  19. antyo rentjoko

    @chiw: untung saya nggak bisa buka FB sehingga nggak tau :D

  20. Andy MSE

    Salut buat Cah Andong… (dan Ponorogo) datang paling gasik…
    Terimakasih atas keramah-tamahannya… makasih juga atas nyanyian mbak Sita dan mas Fickry… (itu mengobati kerinduan saya akan merdu suara yang pernah saya dengar di Launching Bengawan…
    :x

  21. blogartik

    salam kenal .. kunjung balik ya…

  22. tyan

    salam kenal…,

  23. manusiahero

    :(( kok saya gak ada hee

    sukses selalu buat cahandong

  24. Ronggo

    heheh telat ni inpo nya saya dah daftar di milis kok lom di APP ya pak atmin

  25. Oelil

    ikut menikmati perjalanan konco2 dari posting ini…kapan yo bisa ngikut…:-?

  26. yon ade

    plesir terus:d/

  27. setya amrih prasaja

    Tolong foto motif batik wonosobo dipostingin dong biar dikenal orang….nuwun

  28. sondang rya manalu

    wah senengnya ke dieng :):)

  29. marvine

    thanks info-nya,
    :d
    jadi pengen ke pemandian air panas kalianget.

  30. Luthfan

    bagus,

    postingan yang menarik,

    good job! :)


Silakan Berkomentar

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

kotabaru