28 March 2017 • Selamat Malam

event - kegiatan - keluyuran - kopdar

Liputan Launching Bengawan, Komunitas Blogger Solo

Tanggal 21 Februari kemarin CahAndong diundang menghadiri launching Bengawan. Bengawan yang komunitas blogger Solo, bukan Bengawan toko roti atau Bengawan taksi. Dulunya komunitas ini pernah punya nama ‘Kentingan’ dan ‘Blogos’. Tapi akhirnya diputuskan nama Bengawan. Dan tanggal 21 itu adalah launchingnya.

launching2

Keberangkatan
Untuk memeriahkan dan menghebohkan acara ini, dari CahAndong diberangkatkanlah 20 orang jelata. Ada tiga kloter, kloter pertama berangkat duluan pake Prameks, dan disusul kloter kedua. Mengapa kloter kedua tidak bareng kloter pertama? Tak lain, tak bukan, karena kloter kedua telat. Bagaimana dengan kloter ketiga? Tenang, kloter ketiga muncul di babak 2. Sabar.

Sampai di sana, rombongan jelata langsung ke Radio Prambors Solo untuk wawancara on-air. Sesudah 2 jam berwawancara yang heboh dan melelahkan, para jelata diarahkan ke taman bermain di Sriwedari. Di sana mereka bermain Boom Boom Car dan masuk rumah hantu sampai lapar.

Padahal langit mulai gerimis. Dan tak lama kemudian mak byur hujan deres. Padahal acara launching masih lama.

Bestik Hardjo
Maka diputuskanlah untuk menjajal Bestik Jawa Hardjo yang legendaris. Dengan becakan, rombongan tolol itu sampai juga ke Bestik yang ngetop itu. Lokasinya dekat Sarkem Solo, yang tidak memiliki konotasi negatif seperti layaknya Sarkem Jogja. Oiya! Bestiknya enak dan cocok banget dimakan saat hujan. Apalagi bestik lidah.

Beberapa menit kemudian kloter tiga datang menyusul ke Bestik Hardjo.

Usai dari Bestik Hardjo kami langsung ke venue, yakni di Loji Gandrung alias rumah dinas Walikota. Tempatnya bagus, bangunan kolonial. Di sana teman-teman Bengawan sudah berkumpul. Ada juga teman-teman dari Loenpia, TPC, Ponorogo, Nggresik, dan Gunungkelir dll. Terlihat juga Paman Tyo, Enda Nasution, Iman Brotoseno, dan Ndoro Kakung berkeliaran. Heboh sekali yak!

Launching Bengawan
Acarapun dimulai. Kedua MC-nya lucu dan Solo banget. Ada yang tahu siapa nama mereka? Kemudian, banyolan dari MC disambung dengan sambutan dari Om Bloentank Poer. Kurnia yang mewakili Bengawan juga memaparkan banyak kisah tentang komunitasnya.

Bintang malam itu tentu saja adalah paparan dari Pak Jokowi, Walikota Solo yang kabarnya gemar mentamanisasi kota Solo. Tapi prestasi beliau bukan pada tamanisasi, tapi pada tata kota dan relokasi pasar. Saya pribadi setuju sekali pandangan Pak Jokowi bahwa pasar tradisional adalah kekuatan ekonomi mandiri, yang semestinya dipelihara, bukan dibinasakan oleh aparat. Dalam merelokasi pasar Jokowi tidaklah menggunakan cara keras dan arogan, melainkan pendekatan persuasif. Akan tetapi faktor sosial-budaya masyarakat juga berperan di sini, pendekatan yang sama mungkin tidak serta merta diterapkan di daerah lain.

Acara launching disambung dengan makan malam bakmi jawa dan diiringi musik kroncong yang Solo banget. Teman-teman dari Ponorogo memberi oleh-oleh kepada Bengawan berupa topeng reog. Awalnya dari CahAndong akan memberi kenang-kenangan berupa Choro, tetapi urung. Maka jelatapun mempersembahkan Sita Sekali (saudara dekat Tika Banget) untuk menyanyikan sebuah lagu jazz. Sambutannya sangat baik, bahkan tanpa diminta Sita sudi menyanyi dua lagu. Penontonpun ikhlas menyaweri Sita dengan uang seribuan. Syahdan Sri Baginda Anangku sangat terpesona hingga sudi menyempatkan diri untuk berfoto dengan Sita.

sitanang

Sayangnya malam sudah larut, gedung acara harus ditutup. Walaupun kami semua sudah beranjangsana-sini dengan teman-teman blogger, tapi rasanya masih kurang. Anjangsana dipindahkan ke parkiran depan Loji Gandrung, sampai diusir oleh petugas.

Petugas itu tidak sepenuhnya salah, karena waktu memang menunjukkan pukul 22.00. Yang termasuk larut untuk petugas keamanan, tapi masih pagi untuk jelata. Dem! Jalan-jalannya kurang! Kamipun sepakat untuk ngaso dulu sampai pukul 1 pagi. Abis itu jadwalnya adalah ke Gudeg Ceker Margoyudan yang legendaris.

Penutup
Usai dari acara ini kami merasa senang teman-teman blogger Solo sudah punya wadah baru yang nyaman. Kami mengucapkan selamat atas launchingnya, dan semoga kegiatannya lancar dan langgeng. Kami juga merasakan banyak pengalaman baru di Solo, dan sejujurnya, kami menikmatinya.


32 Komentar

  1. nicowijaya

    aku kangen kaliaaan wahai rombongan tolol…..

  2. -alle-

    sita naik kelas,.. biasanya disawer sigat gigi :-\

  3. momon

    Benda apa itu yang diremas Anang? ;))

  4. ekowanz

    jangan berfikir km yang ingin diremas olehnya loh :o

  5. choro

    cornbator!!

    huahahhahahaha

  6. arya

    jiakakakaka…

  7. ndoro kakung

    Aku berkeliaran? Asyem ik, disamain kucing.

  8. yusdi

    :))

  9. nonadita

    Selamat untuk Bengawan! Semoga langgeng..

    Selamat juga untuk sita sekali!

  10. funkshit

    sita klo disuruh nyanyi emang betah banget

  11. perawan lembah gunung kawi

    hm… semoga postingan nan puwanjang Lebar kali tinggi ini dianggap sebage postingan yang ikhlas…

    *melirik postingan yang lama*

  12. Fickry

    wah..foto sita dan anang mesra sekaleee….

  13. fahmarahman

    kapan-kapan maen ke solo lg ea qauwand?? hehe . .

    *salam knal*

  14. MursidAccess

    Katane mbak memeth alangkah baeknya kalo besanan (doh) Apa pula itu yaa..

    haha..

    kapan2 maen ke solo lagi yhaa..

  15. bet

    selamet dateng blogger bengawan semoga nambah exist lan saged dados conto dateng lintunipuno-+=d>

  16. Dillah

    Selamat untuk launching komunitas blogger solo…

    semoga blogger tambah pesat…

    n kita tetap bersaudara sesama blogger

    slm:)>-

  17. susi
  18. Andri

    Hola… pengen gabung nih.
    Aku Andri, Fak.Psikologi USD, semester VI.
    Aslinya sih dari kota Tapis Berseri.. ada yang tau ndak?
    Hohoho.
    Salam kenal.

  19. evi yulianti

    assalamualaikum…komunitas blogger yang sangat bagus.. pengen ikutan juga, sayang sekali evi gak bisa kongkow bareng di tempat berkumpulnya komunitas ini. padahal itu salah satu syarat mutlak gabung di komunitas cah andong.. selamat juga deh atas berdirinya komunitas bengawan.. semoga tambah maju pastinya.. hehehe

  20. Rusa Bawean™

    wahhh
    mas Anang narsis disini juga ternyata
    :)

  21. Anisa Banowati- Semarang

    Yth. Pemilik Blog/Blogger,

    Re: Himbauan dari : AntiFormulaBisnis.blogspot.com

    Saya adalah salah satu korban Joko Susilo Formula Bisnis.
    Agar tak ada lagi korban diantara saudara2 kita lainnya,
    mohon diinformasikan kepada para netter lain, langkah nyata,
    lebih dari sekedar membahasnya yaitu :

    1. Mohon para netter meng klik iklan banner Joko Susilo dimanapun saja tetapi tidak membeli e-booknya karena dengan demikian dia harus membayar Pay Per Click (PPC) sebesar 500 rupiah/klik, kalau ada 100 netter yg dalam 1 hari mengklik 10 link saja, dia sudah rugi 500.000 rupiah. Akan lebih banyak bila kita bisa melakukan sindikasi dengan menyebarkan iklan ini.

    2. Sebarkanlah materi ebook SMUO, sehingga para newbie tak perlu lagi membeli (prinsip ekonomi),http://www.ebook-search-engine.com/smuo-ebook-all.html

    3. Bersindikasi dengan blog lain, saling memposting materi blog dan menyebarkan ke blog yang lain dan saling mendukung dalam menyebarkan informasi ini.

    Bagi rakyat kecil uang sebesar yg diambil Joko Susilo itu adalah uang besar. Selamatkanlah mereka.

    Selamat menegakkan kebenaran,

    Anisa Banowati- Semarang
    AntiFormulaBisnis.blogspot.com

  22. Blogger Jakarta

    Permisi… saya mau pasang banner solo di blog saya… itupun jika di izinkan …Terima Kasih sobat.. Salam Hangat :d:)>-

  23. buwel

    Sukses terus bengawan2

  24. nug

    kapan ya… madiun bisa serame itu komunitasnya… :-?

    sukses dah buat cahandong dan koloni-koloninya huehehehehehe…. :)>-

  25. Pasa Firaya, ST

    Berkunjung dan baca infonya, mudah-mudahan bermanfaat bagi banyak orang, sukses untuk semua.
    I Like Relationship

  26. sabishigaru

    pgn ikutan cahandong tapi kuk udh jaragn ngeblog, ndak bisa kluyuran malem2 di nol kilometer…halah…opo pindah solo wae po?:-w

  27. Lentera.Me

    Salam kenal dari Lentera.Me
    Kami komunitas blogger kecil-kecil-an sesama teman. Tujuan ngeblog selain menambah ilmu juga mempererat pertemanan.
    Jangan lupa berkunjung ke website kami dan memberikan saran serta masukannya ya.

  28. Zulhaq

    walaupun dah telat, gapapa, mau ngucpain selamat aja kok
    sapa tau ntar jadi anggota bengawan ^_^

  29. ajang kontes seo

    Hidup Kota SOLO :)>-

  30. yon ade

    selamat datang solo:)>-

  31. Obyektif Cyber Magazine

    Wah seru juga ya kegiatannya….Datang ke acara lounchingnya saja penuh perjuangan. Tapi laporannya kocak dan segar loh. Trims infonya. Suatu saat kami boleh mampir di komunitas ini ya, kalau pas kami dolan ke Solo. Bagaimanapun, selamat dan sukses selalu untuk Anda semua (masih muda-muda)…..

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

  32. mohamad rivai

    bergabung komen dulu, sapa tau bisa ikutan nantinya :D


Silakan Berkomentar

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

pogung