20 November 2017 • Selamat Sore

kopdar - umum

Ujung Tahun di Kota Jogja

Jogja adalah kota liburan. Di ujung tahun ini ketika warna merah meyala-nyala di kalender, membuat jalanan Jogja penuh sesak. Macet oleh tumpukan bus pariwisata dan kendaraan pribadi dari berbagai kota (dilihat dari plat nomer polisi) membuat malas untuk ikut nimbrung di jalanan. Bagi pebisnis pariwisata ini adalah berkah, karena nafas pariwisata Jogja berderu kencang. Bagi Komunitas Bloger Yogyakarta, CahAndong, maka ini adalah kerepotan yang manis. Karena kami dipercaya untuk memberikan jamuan terbaik bagi tamu bloger yang datang ke kota tercinta.

Kopdar masa-masa liburan dibuka oleh Mbak Ulan. Beliau yang datang bersama rombongan kantornya bergabung di acara Juminten. Kebetulan hari itu adalah Juminten Batik jilid II. Di hari yang sama, juga datang tamu dari Komunitas Bloger Bali (BBC) yaitu Fenny Funkylove. Fenny yang memang senang jalan-jalan itu, kali ini menghabiskan waktu liburan di kota Jogja. Bersama Fenny dan Ulan, kami menunggu berlalunya waktu yang melambat di malam hari di kota Jogja. Kemudian juminten ditutup dengan hidangan Gudeg Bulat yang legendaris (bagi CA) itu.

Minggu berikutnya, saat kami memberesi packing buku dari Gerakan 1000Buku, datanglah Mas Iman Brotoseno dan Sarah. Setelah membantu packing buku, kami pun lanjut ke area jumintenan di nol kilometer Jogja. Makan pagi buta kami laksanakan dengan khidmat di Bandeng Re-nata Jalan Solo. Esoknya, Antobilang dan Herman menikmati kesempatan bertemu Gusti Cakraningrat dan istri bersama dengan Mas Iman dan Sarah.

Di penghujung tahun ini CA juga mendapatkan berkah atas kunjungan Baginda Anangku yang sangat dinanti-nantikan. Anangku menyaru jadi jelata saat menghadiri acara Peluncuran Mukena Warna-warni di Karita menemani Ekowanz dan Choro. Siangnya makan siang di Ninit, ditemani Antobilang, Sandal, Gajahpesing dan Genthokelir. Sebelum hari gelap, kami memutuskan untuk menikmati sisa-sisa sore di Angkringan Tugu sambil menyeruput hangatnya teh manis gula batu. Makin malam, semakin banyak jalata bergabung. Choro, Pangsit, Tika, Herman, dan Wisnu Sanjaya datang mengerumuni Sang Nabi itu. Walaupun sang Nabi lebih banyak diam, mungkin sedang berkontemplasi, tapi kami senang akhirnya bisa bertemu Baginda di tanah jelata. Malamnya dilanjutkan ke Alun-alun kidul melihat Pertunjukan Wayang peringatan 1000 Hari meninggalnya Ki Dalang Hadi Sugito. Selanjutnya, Kang Totok Genthokelir mengajak Baginda Anangku, Gajahpesing, Andy MSE, dan Sandalian ke Gunung Kelir, di perbukitan Meroneh.

Para begawan BHI juga datang satu per satu ke tanah jelata. Sebut saja Pitik dan Endiks yang datang berdua dengan berkendara dari Kendal, Jawa tengah. Malam sebelum bertemu kami, mareka habis dari Puncak Suroloyo, entah cari apa, mungkin sementara boleh dianggap : mereka cari pengalaman. Akhirnya setelah berencana nongkrong di Jendelo dan tutup, maka kami menuju Empire untuk bergojek kere. Datang satu persatu, Choro, Pangsit, Herman, Ekowanz, Gunawan, Tika, Tito dan Memeth. Menjelang malam, Endiks dan Pitik pamit pulang kembali ke Semarang menemui Gita yang sudah kangen sama Pitik. Selain 2 begundal itu, masih ada Pito dan Yudi yang juga datang ke kota Jogja.

Belum lengkap semua kedatangan tamu-tamu itu kalau tanpa kedatangan Lelananging Jagad, Ndorokakung dan keluarga. Menikmati liburan bersma precil-precil, Ndoro masih menyempatkan untuk menjenguk jelata. Kami njuga sempat mempertemukan Ndoro dan Baginda Anangku. Terakhir, Ndorokakung dan keluarga sempat makan siang bersama di acara syukuran tahun baru yang diadakan oleh Mas Iman Brotoseno di Rumah Makan Timbul Roso, jelata yang hadir : Memeth, Alle, Ekowanz, Tika, Ijal, dan Annosmile. Malam tahun baru, saudara-saudara tua dari Loenpia juga datang mengunjungi Jogja. Ada Niningss, Stey, Wiwikwae, Evy, Hars, Pepeng, dan Ali.

Selain berita bahagia tersebut, ternyata masa liburan ini juga diwarnai beberapa berita menyedihkan. Diantaranya datang dari rekan kita : Minidor, salah satu rekan jelata yang pernah bertemu dengan para jelata saat masih senang nongkrong setiap malam di Goeboek. Ayahanda tercinta sedang tergolek koma di Rumah Sakit Bathesda Yogyakarta. Penyakit stroke sejak berbulan lalu, kembali menyerang minggu ketiga Desember. Nico, Antobilang, Gage, Alle, Leksa, Herman datang menjenguk sebagai sahabat. Mendoakan yang terbaik bagi semua.

Tak lama berselang, saat waktunya merakayakan Hari Natal, keluarga bloger kembali tertimpa cobaan. Adalah Paman Tyo, Ebess dan Tito yang bersedih lantaran kakak, kakak ipar dan pakde mereka meninggal dunia persis malam menjelang Natal. Kami yang kebetulan sedang menghabiskan malam macet di sekitaran Tugu segera datang melayat. Catat saja Tikabanget, Leksa, Ekowanz, Antobilang, Funkshit, Sandalian, dan Herman. Malamnya kami hanya bertemu Ebess dan Tito lantaran Paman Tyo sedang dalam perjalanan menuju Jogja. Sampai pukul 4 pagi, akhirnya kamiu undur diri dan melewatkan acara pemakaman pada siang harinya. Nico dan Tika berkesempatan untuk bertemu Paman Tyo saat acara pemakaman. Semoga Paman, Ebess dan Tito selalu diberi kesabaran untuk selalu menerima putusan takdir.

Kesedihan kamipun jadi semakin larut saat menerima berita bahwa Ibunda Manusia Super menderita sakit dan sedang di rawat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo. Saat itu sang bunda sedang mengikuti ziarah agama. Manusia Super yang sampai di Jogja kemudian ditemui oleh Antobilang dan Ekowanz di bandara Adisutjipto dan kemudian menuju stasiun Maguwo untuk mengambil tiket kereta ke arah Solo. Setelah 2 hari tak sadarkan diri dan belum ada dokter yang merawat, akhirnya Ibunda dipindahkan ke Panti Rapih Yogyakarta. Hari ini adalah hari ke-6 Ibunda Manusia Super belum sadarkan diri. Mari kita berdoa untuk kebaikan bagi keluarga Manusia Super.

Ya, Tuhan memang pandai merangkai nasib manusia. Dia menciptakan kesenangan dan kesedihan datang berimpit. Saling melengkapi, tanpa sebuah syarat apapun.

Sekian laporan dari Kementrian Kopdar dan Kumpul-kumpul.


22 Komentar

  1. Menkopul

    Selamat berkunjung di Jogja, kami akan berusaha jadi tuan rumah yang baik :D

  2. KitaBlogger.com

    Halo, kami dari KitaBlogger.com Komunitas Blogger Indonesia yang baru-baru ini di publikasikan ingin mengajak anda semua untuk bergabung dan berbagi pengalam di dalam situs kami. Di langkapi fasilitas member yang sangat lengkap untuk saling berkomunikasi ^_^

    KitaBlogger.com - Memang tempatnya untuk kita-kita para Blogger.

    Salam kenal.
    KitaBlogger.com :)

  3. aGoonG

    Selamat Tahun baru
    Selamat berlibur di kota jogja
    Jogja memang kota yang asik jika dijadikan tujuan wisata anda
    Anda orang Indonesia, udah pernah ke jogja ?

  4. matriphe

    aku kangeennnn!!! :((:((:((:((

  5. Fa

    sepi… :(

  6. funkshit

    cuman sempat salaman doank dengan mansup . .

  7. choro

    [...]Hari ini adalah hari ke-6 Ibunda Manusia Super belum sadarkan diri. Mari kita berdoa untuk kebaikan bagi keluarga Manusia Super.[...]
    Apdet :
    Ibu Mansup telah dipanggil Yang Maha Kuasa, semoga amal ibadahnya diterima dan diberikan tempat paling indah di sana.

    choro [berbagi] belasungkawa sedalam dalamnya

  8. nico

    aku gag sempet ketemu dgn mansup. ikut turut berduka cita.

    Btw, akhir tahun yg padat. bikin bankrut kopdar mulu*nyari kerja dan nabung buat kopdar*

  9. Zebhi

    Wah, okey nich. Kapan2 diadakan Kopdar ngajak Komunitas kota lain biar tambah seru tuch..

    Salam kenal buat semua Blogger Jogja dari Blogger NGawi.

  10. annosmile

    wah, aku nggak ikut

    *nyesel* :(

  11. cempluk

    tanah jelata memang dicintai semua masyarakat indonesia..bukan hanya blogger, tapi masyarakat Indonesia pada umumnya.. :)

  12. geblek

    hah no screenshot :)
    kebangeten, hoak inimah:-w

  13. Manusiasuper

    Terima kasih teman-teman…

    Mama saya sudah tenang bahagia di sana…

    Salam buat CA dari bapak saya, kaget dan salut katanya.,, Ga nyangka anaknya yang ganteng separo ini punya banyak temen di Jogja…

  14. Ndoro Seten

    Komplit pliiiit, laporane dab!
    Tahun depan moga iso gabung…….

  15. kai

    wew…. :d
    jalan2, trus makan2 plus dapet kenalan baru…..
    kangen nih yg beginian… :(( :(( :((

  16. bobbie

    jogja… jogja… >:d<

    thankz to jogja!!! =d>

    salam kenal buat crew CA. :)>-

    bobbie
    (muridbaru.)

  17. bobbie

    jogja… jogja… >:d<

    thankz to jogja!!! =d>

    salam kenal buat crew CA. :)>-

    bobbie
    (barubelajarblog.)

  18. MIayamEnak

    wah udah hamir 1 tahun gak kundur neng Jogja ki.. jadi kangen coz stok gambar dari Jogja dah habis…:((

  19. Blackman

    SeLAMAT Taun BarU 2009 meski telat

  20. balibul

    anto keren !!

  21. candra

    howaaaa……..

    Jogja emang kota yang asek

    eh gw klo maw register gimane sih????

    blog gw ccandrian.blogspot.com

  22. mazhenry

    saya sangat setuju bahwa jogja adalah kota inspirasi.
    kota yang saya pribadi membuat nyaman hidup saya.

    oya.. rekan blogger, mazhenry numpang ngetop markotop ya??
    aq punya web http://www.formulasms.com

    yach barang kali aja ada yg sudi singgah.
    matur nuwun

    mazhenry


Silakan Berkomentar

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

mataram