20 November 2017 • Selamat Sore

umum

Roadtrip Blogger Singgah di Jogja

Pakai Topen

Jogja dibikin gempar gara-gara lima blogger top dari mancanegara menyempatkan singgah ke kota pelajar. Kedatangan rombongan ini adalah bagian dari Roadtrip Pesta Blogger 2008. Mereka adalah Jeff Ooi (anggota parlemen Malaysia), MrBrown (Bapak Blogger Singapura), Mike Aquino (kontributor About.com dari Filipina, Mark Tafoya (blogger kuliner dari AS), dan Anthony Bianco (blogger pelancong berkebangsaan Australia).

Pada hari pertama mereka diajak melihat kemegahan Candi Prambanan yang juga merupakan rumah untuk jelata Annots. Usai melihat-lihat, kelima tamu itu diboyong ke Batik Luwes untuk belajar membatik. MrBrown sempat mempertontonkan hasil batiknya, dan hasilnya masih belepotan! But its a good start man!

Malamnya mereka disuguh dengan hidangan nasi kuning, sate dan bebek bakar bersama beberapa blogger Jogja. Antusiasme mereka untuk saling bertukar cerita membuat malam itu ramai dan cair. Mark memuji Indonesia yang walaupun penduduknya sangat beragam, tapi bisa hidup bersama dengan rukun. Soal peran blog bagi masyarakat, Jeff Ooi yakin kalau blog adalah piranti untuk mempromosikan demokrasi. Dia juga sedikit menyentuh isu hubungan Indonesia-Malaysia yang memburuk akhir-akhir ini. “Walaupun kulit kita berbeda tetapi hati kita sama,” ujarnya. (Komentar-komentar yang lain dapat sampean dengarkan di blognya Thomasarie)

Supaya mereka tidak lupa dengan kota yang konon berhati nyaman ini, para jelata CahAndong menyantuni kelima blogger itu dengan beberapa cindera mata yang merangkum ciri budaya Jogja, yaitu Blangkon, Topeng, miniatur Gamelan, dan miniatur Wayang Kulit. Kesemuanya dikemas dengan tas dari Batik dan kain blaco.

Sepulangnya dari acara makan malam, bis yang mengangkut para pelancong itu dibajak oleh para jelata tolol. Kemudian mereka diturunkan di depan bunderan UGM untuk meneruskan perjalanan pulang menggunakan Becak. Itung-itung menikmati kehidupan malam kota Jogja menggunakan kendaraan bertenaga manusia. Rally becak itu diiringi oleh para jelata yang bersepeda onthel, bermotor, dan bermobil. MrBrown yang kocak telah membagi rekaman rally itu rekamannya di sini.

Rali Becak

Dan acara hari pertama usai setelah Jeff, MrBrown, Mike, Mark, dan Anthony sampai di hotel dan dilepas oleh para jelata dengan penuh cinta.

Foto Bersama

NB: laporan hari kedua menyusul yaaa.

Baca juga:


9 Komentar

  1. meong

    hu’uh, ga sempet mampir rumahku ya… [-(

  2. aGoonG

    Lihat blogger yang mbecak sama Nico
    Celananya kok warnanya sama ya
    Cocok tu kalau seragam, lebih akrab :)

  3. ngodod

    gun…, kamu baik2 saja kan….?

  4. antobilang

    Gunawan terlihat gundah gulana.

  5. Manusiasuper

    Tahun depan ke Banjarmasin ya, saya kasih soto banjar,,, :)>-

  6. hulahoop

    mas pingin gabung cahandong… :d

  7. Fa

    si Mark cakep, tapi sayang… :-\

  8. nicowijaya

    @agoong: halah dibahas(angry)

  9. Mike Aquino

    Thanks for a great time in Jogja! I hope I can come back soon (with a looser schedule so I don’t get tired as easily) and meet you guys again!

    I actually think I didn’t get a complete picture of Jogja - so I set up a post on my site’s forum so you can educate me where else I (or a tourist like myself) should go when in town.

    Please check it out here: http://forums.about.com/n/pfx/forum.aspx?tsn=1&nav=messages&webtag=ab-seasia&tid=61

    I’m looking forward to hearing from you guys again!


Silakan Berkomentar

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

godean