21 April 2018 • Selamat Pagi

ngudarasa

Bravo

2 tahun
Kiprah belum berhenti
Pintu terus terbuka
Dan perjalanan masih panjang …..

Aku ki sakjane pingin, anggota CahAndong gak akeh-akeh. Sithik, ning kompak. Kegiatan iso mlaku. Timbang akeh-akeh, ning ra ono kegiatan sing berarti.”
(aku tuh sebetulnya ingin, anggota CahAndong tidak banyak-banyak. Sedikit, tapi kompak. Kegiatan bisa berjalan. Daripada banyak-banyak, tapi tidak ada kegiatan yang berarti)

Sedikit saya kutip perbincangan saya dengan salah satu kawan di CahAndong, hampir dua tahun silam, saat CahAndong masih berumur bulanan, meski tidak sama persis. Tapi intinya seperti yang saya tulis itu .

Perbincangan yang masih saya ingat, di sebuah ruangan, yang saya yakin kalimat yang dilontarkan kawan saya itu didasari keinginan, agar kawan-kawan yang bergabung di CahAndong terus kompak. Karena tak ingin, CahAndong hanya menjadi sebuah komunitas yang berdiri tanpa kegiatan berarti, meskipun berpenghuni ratusan, atau ribuan blogger.

Entah, kawan saya itu masih ingat atau tidak dengan isi perbincangan itu.

Seiring waktu, pelan-pelan, anggota CA terus bertambah dan terus bertambah. Blogger baru, blogger lama, blogger sejati, blogger angin-anginan, blogger iseng, blogger serius, blogger ganteng, blogger ayu, dan beragam jenis blogger lainnya, berdatangan. Mengetuk pintu rumah komunitas CahAndong, masuk, bernaung dan semakin meriuhkan kediaman CahAndong.

“Sugeng datang, selamat rawuh. Nikmatilah apa yang ada di rumah kami, jika itu menyenangkan dan membahagiakan Anda. Monggo, silakan, tak perlu sungkan,” begitulah sapa para penghuni yang sudah menetap, terhadap hadirnya tamu yang singgah.

“Maaf kalau apa yang ada di rumah kami tak membuat Anda bahagia. Tapi janganlah kapok untuk mampir, karena pintu kami selalu terbuka,” begitu pula sapa para penghuni, jika si tamu kurang berkenan saat berkunjung.

Menurut saya, sebuah komunitas tak bisa menutup diri, kalau ingin berkembang menjadi bagian dari masyarakat, yang memiliki arti. Dalam konteks dunia blogger, masyarakat itu bisa diartikan sebagai blogger-blogger.

Tak perlu pula menjadi eksklusif, menutup diri dari orang-orang yang ingin bergabung, karena hal itu justru akan memisahkan komunitas terhadap masyarakat di sekelilingnya.

Akan menjadi berbahaya, jika komunitas itu menutup diri, berakibat masyarakat melihat komunitas yang hidup di tengah-tengah mereka, ternyata adalah menara gading yang tak terjangkau. Sinis lah yang kemudian akan lahir. Dan tersingkir, itu yang terjadi pada akhirnya, karena masyarakat tak mau menerima.

“Siapa kalian? Pergi, karena kalian bukan bagian dari kami. Kalian terlalu eksklusif, tak mau berbaur.Jadi maaf, kalau kami tak bisa menerima kalian.”
Duh, jangan sampai itu terjadi.

Dan syukurlah, hal itu tak terjadi sampai hari ini, pada CahAndong. Masyarakat bisa menerima kehadirannya, dengan segala kekurangannya, karena CahAndong sudah menghindari kata eksklusif.

Blogger baru, yang tertarik untuk bergabung pun, terus berdatangan. Bersinergi. Pohon keluarga CahAndong pun semakin rimbun. Kediaman menjadi semakin ramai.

Tapi itu lebih baik bukan, daripada sepi, berpenghuni sedikit, eksklusif, tapi takpunya manfaat terhadap masyarakat di sekelilingnya? Lebih baik ramai, tapi berguna. Dan syukurlah, itu yang terjadi saat ini pada CahAndong. Setidaknya dari beragam kegiatan, yang sudah dilakukan sejak awal CahAndong berdiri, hingga saat ini.

Yup, dua tahun sudah, CahAndong ada di bumi Indonesia, sebagai salah satu komunitas blogger yang berbasis di Yogyakarta. Genap dua tahun usianya, tepatnya pada 7 Oktober 2008 lalu. Atau selang dua tahun, setelah pada 7 Oktober 2006 komunitas ini didirikan di Warung Mak Zam, yang terletak di salah satu sudut kota pelajar, di suatu hari usai berbuka puasa bersama.

Dua tahun sudah, CahAndong ada. Dengan segala aktivitas dan kegiatan, yang semakin menambah warna dunia perbloggingan Indonesia. Dengan segala kegiatan, yang semoga memberi manfaat bagi masyarakat banyak, baik yang blogger maupun bukan.

Banyak hal yang berubah, jika dirunut dari awal sampai sekarang keberadaan CahAndong. Banyakperubahan terjadi pada komunitas ini. Anggota, jelas berubah. Tambah banyak. Dari segelintir orang, kini menjadi segelontor. Banyak orang, maksudnya. Tak ada yang pergi, hanya mungkin tak aktif lagi. Yang tak aktif pun, masih merupakan bagian dari CahAndong.

Website cahandong.org, juga sudah berubah total tampilannya. Lebih komplet fitur-fiturnya, yang entah apa istilahnya, buah dari kreativitas punggawanya yang masih aktif.

Para “kusir andong” yang dulu mengendalikan “kuda” CahAndong, banyak yang tak aktif lagi karena urusan masing-masing. Tapi ada “kusir-kusir” baru yang siap menghela “kuda” CahAndong, agar berlari lebih cepat …..

Ya, sudah 2 tahun, CahAndong hadir. Saya harap, kiprahnya belum berhenti. Masih banyak yang bisa dikerjakan, agar komunitas ini semakin eksis.
Pintu juga terus terbuka, bagi kawan-kawan baru yang ingin bergabung. Silakan, kami tak akan menutup diri dari kehadiran Anda.
Dan perjalanan CahAndong pun masih panjang ……………..

Selamat ulang tahun yang kedua.
Semoga makin eksis.
Bravo

Solo, 10 Oktober 2008
Salam

irf, the tukang nggedeblues

NB : meski saya sudah sangat tidak aktif lagi di CahAndong, tapi saya tetap bangga menjadi bagian dari komunitas ini ….


17 Komentar

  1. Antobilang

    postingan yang (sudah lama) saya tunggu. dari siang tadi nggunem dewe, kok rung ono sing posting soal ultah :D hehehehe.

    mas irf, ayo main bola lagi :D

  2. tooooooooooopics

    tukang nggedeblues is back!!!!!!^:)^

  3. aGoonG

    <:-p Dengan bertambahnya usia
    Semoga semakin memberi arti

  4. Bloger angin2an

    Oh..dunia..
    *opo sih*
    met ultah bwt CA..

  5. Bloger angin2an

    Met ultah bwt CA

  6. Manusiasuper

    Ah, sudah dua tahun? Selamat…

    tetap kreatif dan sensitif ya…

  7. ndebakulsempak

    mengharukan :((

  8. arya

    selamat ultah, CahAndong
    semoga tetap jadi tempat yang menyenangkan

  9. ngodod

    menunggu alyak updet…

  10. youtea

    Selamat ulang tahun CA…

    sampai detik ini aku masih merasa senang sekali dulu bisa bergabung dengan andong. cuma sayang kangen suasana seperti dulu. walaupun sekarang aku gak aktif lagi bisa bersama andong.

    yang saya mau ingetkan : jangan sampai tujuan andong melenceng jauh dari tujuan awal waktu andong lahir.

    mas irf… tulisanmu mewakili hatiku… :x:x

  11. bodi

    selamat ultah buat CA ….. mudah2an tetep “eksis” bukan malah “eksit” …… seperti juga kang irfan aku juga udah tidak aktif lagi tapi aku tetep bangga dengan CA …. sukses buat CA

    maaf kemaren ga bisa dateng ke acara temen2 CA sabtu yang lalu ….. badan lagi gak bisa diajak kompromi.

  12. annots

    Mohon maaf yang setulus-tulusnya jika saya belum bisa berbuat apa-apa untuk CA :(

    *Mewakili diri sendiri*

  13. Blackman

    Met Ultah CA… kompak selalu, Ipan… berkesan tenan aku karo tulisanmu…

  14. Jaka

    Ya … CahAndong, ku mungkin salah satu yg jarang aktif lagi, namun kau slalu di hati …
    Be The Best … untuk Jogja, untuk Umat, untuk Rakyat … apalah artinya kita jikalau tak berarti buat mereka …

    BlueAis

  15. unai

    asli, tulisannya cihuy bangettttt, semoga CA berjaya..di udara laut dan darat…*kok kaya antimo ya?

  16. yusdi

    bravvvoooooooo :)>-

  17. blogger angin2an #2

    ngga nyangka kalo yang nulis mas irf…

    ngga bisa banyak komentar.

    happy birthday aja bwt CA, maaf telat,
    maaf sudah ga aktif lagi

    Bravo, CA! :-)


Silakan Berkomentar

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

kricak