18 July 2018 • Selamat Malam

kopdar

Lawatan Sketsa Hati ke Yogyakarta

Kopdar bersama Mba Sa

Menjelang malam Jumat, 14 Juni 2007 pukul 18.40 WIB, segerombolan eblis CahAndong tampak menembus kegelapan malam yang dingin di sepanjang jalan Kaliurang-Pakem.

Kami “berlima” yaitu Zam, Adi, Kailani, Tupic, Ahmed, Eko, Aad, Didit dan saya bersepakat menghadiri undangan makan malam yang dilontarkan oleh Mba Sa beberapa hari sebelumnya. Tak lupa sebelum berangkat saya melakukan konfirmasi tempat perjamuan karena lokasi yang disebutkan berada cukup jauh dari kota Jogja yaitu di daerah Pakem. Saya juga menyebutkan bahwa saya akan datang berlima (sesuai list yang terdaftar pada milis cahandong) hehehehe… Maap Mba Sa :-"

Lokasi perjamuan berada di kordinat 7°39′47.59″S 110°24′48.79″E, yang terdefinisikan sebagai Rumah Makan dan Pemancingan Pakem Sari, 20 kilometer dari kota Jogjakarta. Saya sendiri baru tahu kalau ternyata rumah makan ini buka malam hari, dan menyediakan kamar penginapan untuk turis. Iringan suara gemericik air dan juga ikan-ikan yang berlompatan mengiringi kedatangan kami di tempat tersebut.

Lokasi Pakem Sari

Pertemuan CahAndong dengan Mba Sa sekeluarga pun tak terelakkan. Seperti biasa, kami menyambut Mba Sa dengan ramah, dan malu-malu seperti halnya orang yang baru bertemu. Kami juga berkenalan dengan keluarga Ang Tek Khun, yang ternyata istrinya adalah kakak kelas saya di Psikologi UGM. Sedangkan Pak Khun adalah orang yang telah membantu menerbitkan beberapa buku anak-anak blogfam.

Mereka berdua ditemani oleh putri mereka yang berumur 7 tahun yang bernama Jessie. Meski masih kecil ternyata Jessie sudah memiliki blog yang beralamat di http://jessicajoanne.blogspot.com/, dan bisa jadi Jessie adalah anggota termuda jika bergabung dengan cahandong.

Mba Elsa yang terkenal dengan blognya di http://sketsahati.com, adalah salah satu pejabat Blogger Family, komunitas blogger Indonesia terbesar sampai saat ini. Beliau juga merupakan slah satu penulis buku “The Messenger” yang merupakan kisah cerita estafet dengan beberapa penulis BlogFam lainnya. Meskipun tinggal di Belanda namun setiap beberapa tahun sekali Mba Sa pulang kampung mengunjungi tanah kelahirannya yaitu Indonesia.

Lawatan ke Jogjakarta ini adalah sebuah lawatan yang tak terencana karena beliau dan suami sebetulnya akan terbang ke kota Medan dari Jakarta. Namun sesuatu terjadi sehingga akhirnya beliau berdua memutuskan untuk membatalkan rencana semula dan terbang ke Bali, Surabaya, dan akhirnya mendarat di kota Jogjakarta.

Kedatangan Mba Sa ke Indonesia, khususnya di kota Jogja adalah suatu peristiwa yang langka, sehingga seorang CahAndong yang juga anggota BlogFam rela berlari-lari dari Solo menuju Pakem hanya untuk bertemu dengannya beberapa jam saja, lalu kembali lagi ke Solo lagi. Untungnya Mas Irfan ini memang sudah terlatih mengejar teroris bersama Densus 88, jadi jarak yang begitu jauh dan melelahkan bukan sebuah hambatan baginya.

Suasana yang sepi kemudian menjadi riuh renyah sehabis makan berbagai masakan ikan yang ternyata sisa banyak. Berbagai masakan ikan ini memang mengenyangkan bagi anak-anak CahAndong, terkecuali si kucing listrik yang harus puas makan ayam saus dan mie. Meski begitu si kucing listrik ini terbukti paling bersemangat berbahasa Inggris dan bercanda dengan Mr. Ger yang ternyata juga suka gojek.

Semakin malam, atmosfer menjadi tidak terkendali terutama setelah acara foto-foto, suatu ritual narcisitas anak CahAndong yang menggemparkan itu. Saya sendiri baru ingat kalau malam ini malam jumat, alhasil dua orang cahandong memasuki fase tak terkendali sehingga membuat suasana bertambah ricuh geli. =))

Hari pun semakin malam, dan waktunya pulang ke rumah masing-masing. Tak lupa kami dengan malu-malu menyambar bungkusan sisa makanan yang memang disediakan untuk kami oleh Mba Sa. Malam itu, kami memberi kesempatan Mba Sa dan Mr. Ger van der Veer untuk beristirahat. Sedangkan beberapa anak CahAndong melanjutkan kerusakan di angkringan Gelanggang UGM.

Esok harinya (15/06), saya menemani Mbak Sa dan Mr. Gerry Van der Veer mencari batik di Mirota Batik Malioboro. Sebelumnya kami sempat mengunjungi Malioboro Mall untuk menikmati makanan khas Jogjakarta seperti gudeg, gado-gado, karedok. Siangnya beberapa anak CahAndong yaitu adi, Zam, Didit, Mba Unai, dan Isna menyusul ke Benteng Vredeburg untuk menemani Mba Sa berkeliling FKY. Sayang hari masih siang sehingga FKY belum ramai. Kami akhirnya beristirahat di pelataran parkir benteng itu sambil menikmati es krim.

Kesempatan itu dimanfaatkan oleh CahAndong untuk menyerahkan souvenir kenang-kenangan buat Mba Sa berupa stiker, pin, dan kaos kebangsaan CahAndong yang baru. Mba Sa pun lantas memakai kaos tersebut dan memamerkannya kepada CahAndong.

Penyerahan kenang-kenangan ke Mba Sa

Kami memutuskan untuk mencari tempat yang lebih enak untuk ngobrol, dan pilihan jatuh ke Rumah Makan Cirebon yang lokasinya tidak jauh dari tempat kami saat itu. Sebelumnya saya sudah berharap akan menemukan makanan khas Cirebon di tempat ini seperti nasi jamblang, nasi lengko, tahu gejrot dan sebagainya. Namun sayang, ternyata rumah makan ini hanya menyediakan menu standar saja, hanya kesan rumah lama khas Cirebon saja yang membuat rumah makan ini begitu eksotis. Mungkin Zam dan Didit adalah orang paling berkesan disini karena berkesempatan mencoba lemon tea khas rumah makan ini yang nendang sampai mincip-mincip. :))

Hari semakin sore, kami harus berpisah dengan Mba Sa dan harus bersiap menuju ke Bandara karena pesawat akan berangkat pukul 7 malam. Saya berkesempatan mengantarkan Mba Sa sampai ke bandara bersama dengan keponakan-keponakan Mba Sa. Berakhir sudah lawatan Mba Sa dan Mr. Ger di kota Jogjakarta. Selamat jalan… Sampai bertemu lagi di Kota Jogja…

CahAndong siap menyambut kalian kembali! :-h


18 Komentar

  1. matriphe

    RM Cirebon memang “mengesankan”.. setelah mengicipi “jeruk pecel plus tea”, saya pun berkesempatan minum “es jeruk aroma coro”!

    RM Cirebon memang pantas untuk anda yang ingin ikutan Fear Factor.. :))

  2. mbak sa

    terima kasih banyak cahandong yg berlima dan berbanyak. :D
    smoga cahandong panjang umur dan selalu jadi penyambut tamu yg rame spt kemeren. hihi…

    *salam manis dr belanda lewat jakarta. :D

  3. kenz

    selamat ulang tahun mba Sa.. :D
    *thanks makan-makannya, semoga ditambahkan kebahagiaannya dengan datang ke Jogja.

    best regards,
    kenz

  4. diditjogja

    sikat aja zam!!!
    LEMON TEA™ yang tak terlupakan seumur hidup!!!
    buat mbak Sa ….jangan bosan dan kapok dateng jogja! laen kali gak cuman sehari ya.. :D
    terimakasih juga atas jamuannya di pakem sari… :)

  5. Indahjuli

    Wah senangnya…
    jadi pengen disambut seperti ini kalau datang ke Yogya :D
    Salam kenal buat semua cahandong

  6. ekowanz

    weeeheee….
    jangan bosan datang ya mbak sa :D
    jgn lupa makan2nya lagi :))

  7. bebek

    wahhh… ketinggalan akeeeh akuuu… aseeemmmmmm :p

  8. kai

    wah… sial yghari jumat ga bisa ikut :(
    but, thanks buat mBak sa n om veer yg udah mo ke jogja n ketemu ama cahandong yg rame >:)
    jangan kapok lho….. ntar klo mo ke Jogja jangan lupa kasih tau kita lagi ya……

  9. pu!

    wah link-klu diapdet dong :P

  10. Jeki

    hiks… aku? :(

  11. tukang nggedeblues

    mbbbaaaakkkk ssssaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa … jangan kapok datang lagi ke jogja …

    wah, waktu kopdar itu saya diingatkan je sama mbak sa soal keinginan saya berhenti merokok. lha pegimane? kok ya masih susah je mbak, untuk menghentikan kebiasaan buruk itu … hehehehehehehehe

    salam buat pak sa … hehehehe

  12. amma

    wuuu….ga ajak2 :P

  13. sa

    ta pajang foto2 nya di multiply ku.
    http://misisvi.multiply.com/photos/album/13

    makasih banyak sekali lagi. :)

  14. ian

    Nah, akhirnya aku sampe di sini :)) Ternyata ada yang perempuan juga tooo…., salam kenal ya n keep in touch.

  15. say

    mbak sa lam kenal…. jogja aman kan mbak sa ? jangan nyesel kejogja ya mbak, anak anak eblis memang seperti itu…. tapi mereka baik kok.
    *sambil lirik para eblis*

  16. Rizoa

    rizoa maw mampirrr

  17. Rivana euy

    :-? cm isenk kynya gw kenal slh satu personil yang ada di foto hehe…gubrak btw next time kalo k jogja cb mampir ah ke…. kemna ya td???

  18. gunawanrudy

    ekowanz masih kuruuuussss…!!


Silakan Berkomentar

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

cangkringan