28 April 2017 • Selamat Malam

kegiatan

CahAndong dan Depkominfo

Depkominfo-Andong berfoto bersama

Hari Selasa dan Rabu [15 - 16 Mei 2007] lalu, CahAndong menghadiri undangan dari Depkominfo di Hotel Santika, undangan yang ditanda-tangani oleh Bapak Cahyana Ahmadjayadi, selaku Direktur Jenderal Aplikasi Telematika tersebut, memberitahukan bahwa acara ini merupakan Sosialisasi Pengembangan dan Pemanfaatan Sistem Informasi Perangkat Lunak dan Konten yang bertemakan “Meningkatkan Produktifitas Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi”.

Seperti biasa, budaya molor jam karet, selalu menjangkiti anak-anak Andong yang masih imut-imut ini, Ketika sang pimpinan™ memberikan broadcast sms untuk datang tepat pukul 08.00 WIB, ternyata cuma satu orang yang datang tepat waktu. :-(

Dari eblis CahAndong sendiri, ada delapan orang yang datang dalam acara tersebut, yaitu: Zam, Didit, Adi, Kailani, Kenz, Manda dan Alex. Setelah kami registrasi dan foto-foto narsis™ bareng, kemudian kami memasuki ruang tempat sosialisasi dilaksanakan.

narsis.jpg

Tidak jauh beda dengan budaya anak-anak Andong, ternyata acara sendiri juga molor karena harus menunggu datang-nya Walikota Yogyakarta, untuk memberikan sambutan. Akhirnya setelah Walikota Yogyakarta Wakil Walikota Yogyakarta datang sekitar pukul 09.30, acara bisa dimulai juga. :-)

Pembukaan Seminar

Acara dimulai dengan Laporan Ketua Panitia, kemudian dilanjutkan oleh Sambutan dari Dirjen Aplikasi Telematika yang diwakili oleh Ibu Lolly Amalia Abdullah selaku direktur SIPLK, yang mewakili Bapak Cahyana yang kebetulan berhalangan hadir.

Setelah Ibu Lolly selesai memberikan sambutan, acara dilanjutkan lagi dengan sambutan dari Wakil Walikota Yogyakarta, yang sekaligus membuka acara ini secara simbolis, dengan pemukulan Gong. Setelah acara pembukaan ini selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan acara utama Coffe Break yang berlangsung kurang lebih selama 15 menit.

CofeeBreak

Kurang lebih pukul 10.30 WIB, acara dilanjutkan lagi, dengan tiga presentasi dari nara sumber, yaitu: Program Pengembangan dan Pemanfaatan SIPLK, Penyusunan Kebijakan untuk Konten Internet dan Multimedia dan Pemanfaatan Open Source Software.

Alex melancarkan pertanyaan

Setelah presentasi, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dimana dalam sesi tanya jawab ini, banyak sekali pertanyaan sekitar Open Source dan Depkominfo itu sendiri. Setelah sesi serius tanya jawab selesai, acara dilanjutkan dengan acara favorite istirahat dan makan siang.

Setelah makan siang, acara dilanjutkan lagi dengan dua presentasi dari narasumber yaitu: “Interoperabilitas Sistem Informasi Sebagai Solusi Komunikasi Data antar Instansi Pemerintah”, dan “Perananan Security di Era Informasi”.

Dalam presentasi pertama, dijelaskan tentang standar pembuatan sistem informasi di pemerintah, dimana dalam pembuatan proyek sitem informasi harus interoperable. Selain itu dijelaskan juga tentang standart PASIR. Didalam presentasi yang kedua, dijelaskan tentang beberapa pedoman praktis keamanan sistem informasi, baik untuk pengguna rumah dan Individu, untuk organisasi skala kecil dan menengah dan untuk pimpinan organisasi.

Acara hari pertama ini selesai kurang lebih pukul 16.00 WIB, kemudian setelah peserta lain meninggalkan tempat, kami diajak diskusi oleh beberapa orang dari Depkominfo yaitu: Bapak Ricky, Bapak Neil dan Bapak Feha.

Diskusi

Kami membicarakan tentang beberapa permasalahan yang dihadapi oleh Depkominfo dan beberapa kebijakan baru yang akan diambil. Selain itu, mereka juga bertanya kepada kami, permasalahan apa yang kami hadapi, dan apa yang mereka [baca: Depkominfo] bantu. Acara penuh keakraban ini berlangsung sampai kurang lebih pukul 17.30. Setelah diskusi, kami diberi beberapa bingkisan dari Depkominfo yang berupa, Buku, Kaos dan Topi.

Pada hari Rabu [16 Mei 2007], diadakan dua acara di tempat yang berbeda, acara pertama yaitu Workshop Sistem Keamanan Informasi dan acara kedua adalah workshop installasi linux, open office dan pembuatan blog. Anak-anak eblis Andong sendiri, terpecah menjadi dua kelompok, Zam, Manda dan Alex mengikuti acara pertama, sedangkan Kailani dan [lupa nama-nya] mengikuti acara kedua.

Dalam workshop Sistem Keamanan Informasi, kami belajar tentang konfigurasi SSL di Apache. Sedangkan dalam workshop installasi Linux dan OpenOffice, kami belajar tentang installasi Ubuntu, penggunaan UbuntuOpenOffice. Ditempat ini juga, kami bertemu pertama kali dengan orang-orang dari komunitas linux jogja, yang menamakan diri KPLI-JOGJA.

Workshop Blog

Setelah makan siang, kami semua membantu pelaksanaan workshop blog, dimana dalam workshop tersebut, peserta diajari tentang bagaimana mendaftarkan diri ke WordPress.Com, belajar posting, dan sebagainya.

Dalam kesempatan tersebut Feha juga memberikan kesempatan kepada CahAndong untuk memperkenalkan diri, dimana sang pimpinan™ bercerita tentang sejarah andong, dan beberapa kegiatan andong.

Kurang lebih pukul 16.00 WIB, acara selesai. Setelah acara ini selesai, kami foto-foto lagi dengan orang-orang dari Depkominfo dan juga dari KPLI-JOGJA. Setelah itu, acara kami berbincang-bincang sejenak dengan perwakilan dari KPLI-JOGJA, dimana kami membahas tentang beberapa rencana kerjasama tentang pelatihan blog dan linux yang akan kami adakan.

Demikianlah cerita dua hari bersama Depkominfo ini, ya, semoga saja dengan sosialisasi semacam ini, Depkominfo bisa semakin dikenal oleh masyarakat dan juga mendapatkan dukungan dari masyarakat. Buat Depkominfo, semoga saja kebijakan yang anda ambil bisa membawa kebaikan bagi bangsa dan negara ini. -amien-.

Tulisan terkait:


14 Komentar

  1. thestoopid

    wah saya setuju nih
    depkominfo harus turun ke masyarakat kaya gini
    suatu awal yg bagus
    *dapet makan2 gratis*

    WOOOH…. AKU PROTES!
    POTO TIDAK SENONOHKU KOK DITAMPILIN!
    *nunjuk poto ke4*

  2. antobilang

    aisk-asik fotoku nongol!
    duh maap ya buat yang jadi nonton, hehe…aku ga bisa ikutan, have fun ya!

  3. ekowanz

    laporan paling lengkap poll :D

  4. kenz

    eh foto yang cahandong dan depkominfo yang kacau kok gak ditampilin? btw tulisan ku kurang bag. 2 dan 3 *menyusul ya senin…

  5. mbakyu

    tumben pd pake baju rapi :))

  6. tooooooooooooooooooooopics

    emang cahandong tu di mana mana tetep menunjukkan jati diri yang sebenernya.. narsis.. ngga tau malu (tapi ngga malu maluin).. hidup!!!

  7. kai

    wah poto g ama adi kok tampak aneh ya…..
    ah yg petting makan gratis trus bisa poto ga karuan….

  8. matriphe

    @kenz: fotonya masih dibawa oleh oknum Depkominfo!!

  9. manda

    kapan ya undangan berikutnya ? :)

  10. nyiell

    kayak kenal tuh yang di foto paling atas,,,

  11. diditjogja

    buang2 bendwith dengan mengunjungi emailku tiap hari untuk menanti poto2 yang katanya akan dikirim bapak depkominfo tercinta!!!
    :(

    ternyata oh ternyata….janji hanyalah janji *segh*

    eh, padahal nomor hapeku dan emailku dah takkasihin depkominfo!!!
    gawat!!
    kalo ada garukan blog……tidakkkkkkkk!!!!!!!!
    :-o

  12. Fany

    walah kok yang ngikut ke acara cowok semua… ;))

  13. Neil

    @diditjogja: mohon maap.. email belum bisa dikirim, hari senin waktu mau pindahin dari hard disk ke cd ditengah2 proses mati lampu… mak pet… alhasil folder isi foto di hard disk corrupt… gak bisa dibuka… lagi dikoprek supaya bisa dibuka… doain aja… kalo nggak bisa.. habis lah.. itu foto di jogja yg lebih dari 300 exp… :-( sampe sekarang emailnya juga masih berantakan gara2 servernya sempet tewas mendadak…

  14. blueais

    waaaaa… kapan aku iso melu meneh, wingi rep melu malah teparrrr 3 hari :(( hiksss …


Silakan Berkomentar

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

kricak