23 April 2018 • Selamat Malam

dolan

Wisata Semarang

Sejarah suatu bangsa bisa ditelusuri lewat berbagai bangunan tuanya. Di Kota Semarang, Jawa Tengah, menyimpan berbagai gedung tua yang umurnya ratusan tahun, bangunan tersebut merupakan saksi bisu dari kemegahan zaman dahulu dan juga jadi sejarah pahit masa penjajahan. Di Kota Semarang juga lah, berdiri Masjid megah yang merupakan Masjid terbesar di Jawa Tengah, Masjid Agung Jawa Tengah.

Kali ini kru CahAndong bersama para personil Loenpia sebagai tuan rumah menelusuri tempat wisata yang ada di Semarang, Minggu 18 februari 2007.

Kota Semarang

Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong terletak di barat daya kota Semarang, tepatnya di daerah Simongan. Keberadaan tempat ini tak terlepas dari sosok Laksamana Tiongkok bernama Zheng He/Cheng Ho. Menurut cerita, Laksamana Zheng He sedang mengadakan pelayaran menelusuri pantai Laut Jawa untuk tujuan politik dan dagang, karena tiba tiba ada awak kapal yang sakit, akhirnya ia memerintahkan untuk mendarat dulu disuatu desa, yang bernama Simongan. Setelah sampai di darat, ia menemukan sebuah goa batu yang akhirnya digunakan untuk bersemedi dan bersembahyang.

smg22.jpg

Karena merasa nyaman didaerah tersebut, ia memutuskan untuk beberapa waktu beristirahat dan menetap ditempat tersebut. Selama menetap, ia mengajarkan penduduk setempat bersawah dan berladang. Karena ia harus melanjutkan pelayarannya, ia pun meninggalkan tempat tersebut, tapi banyak awak kapalnya yang menikah dengan penduduk setempat dan menetap di daerah Simongan. Sehingga sampai sekarang daerah Simongan banyak dihuni oleh penduduk keturunan Tiongkok.

smg33.jpg

Untuk mengenang jasa-jasa dari Laksamana Zheng He/Cheng Ho, penduduk setempat mendirikan sebuah Klenteng disekitar gua tersebut. Yang akhirnya disebut dengan Klenteng Sam Poo Kong atau Sam Poo Thay Jin.

Lawang Sewu

Satu lagi gedung tua yang sangat menarik perhatian di kota Semarang adalah Gedung Lawang Sewu. Bangunan yang berdiri megah dan kokoh ini dinamakan Lawang Sewu karena memiliki banyak pintu (lawang dalam Bahasa Jawa berarti pintu, sewu artinya seribu) disamping busur busur yang menjulur mengisi lorong lorong memenuhi permukaan gedung ini.

smg55.jpg

Pada zaman penjajahan Belanda, bangunan ini merupakan pusat perkantoran kereta api kolonial atau dalam bahasa belandanya disebut NIS (Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij) yang merupakan perusahaan kereta api pertama di Jawa. Bangunan Lawang Sewu dirancang oleh arsitek C.Citroen dari Firma J.F. Klinikhamer dan B.J. Quendang.

smg67.jpg

Pada saat terjadi pertempuran Lima hari di Semarang yaitu pada bulan Oktober 1945, halaman depan Lawang Sewu dijadikan ajang pertempuran antara pejuang kita melawan kolonial Belanda. Gedung Lawang Sewu dijadikan tempat penyiksaan dan pembantaian pejuang kita oleh Belanda. Setelah kejadian itu didirikanlah prasasti disekitar gedung tersebut.

Karena aura dalam gedung Lawang Sewu yang begitu mistis, gedung ini sempat dijadikan tempat uji nyali oleh acara “Dunia Lain” yang disiarkan oleh Trans TV. Sayang bangunan ini seolah-olah dibiarkan begitu saja tanpa ada perbaikan dan perawatan disana sini, sehingga sebagian karya arsitektur yang bernilai tinggi ini rusak begitu saja.

smg88.jpg

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah dibangun di areal seluas kurang lebih 10 hektar, dengan luas bangunan utama seluas 7.699 meter persegi yang kira kira mampu menampung jama’ah 6000 orang. Arsitektur masjid ini merupakan perpaduan antara arsitektur Jawa, Arab dan Yunani.

smg99.jpg

Masjid ini didirikan pada tanggal 6 September 2002 dan baru diresmikan pada tanggal 14 November 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Masjid ini juga dilengkapi dengan Convension Hall disebelah kanan, sedang di bagian kiri terdapat perpustakaan modern (digital library). Pelataran Masjid dilengkapi dengan 6 buah payung raksasa yang bisa membuka dan menutup secara otomatis.

smg100.jpg

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, Masjid Agung Jawa Tengah juga sebagai objek wisata religius. Terdapat sebuah menara yang dinamakan menara Al Husna yang tingginya kira kira 100 meter dan terdiri atas 19 lantai. Di lantai paling atas terdapat teropong yang disewakan bagi pengunjung yang ingin melihat kota Semarang dari atas.

smg111.jpg

Taman Tabanas

Bagi pengunjung yang ingin melihat kota Semarang di malam hari, bisa menuju tempat wisata Taman Tabanas. Disana kita bisa melihat Semarang dengan lampunya yang berkedip kedip sambil menikmati jagung bakar dan segelas kopi. Dan yang terakhir jangan lupa mencopa makanan khas Semarang yaitu lumpia, sayang kemarin kami tidak sempat mencicipi makanan tersebut dikarenakan waktu yang terbatas.

Demikian liputan dari Semarang, kami ucapakan terimakasih buat temen temen Loenpia yang sudah menyambut kami dengan hangat…

– Salam Andong –

Postingan terkait tentang kunjungan ini:


47 Komentar

  1. chocoluv

    semarang oke deh :)
    kapan2 ke sana lagi yo cah :)

    waks! mosok keycode-nya siliran!!

  2. templank

    salute buat anak2 loenpia… sip..

  3. ALIF

    sayang aku ra sido melu yo Zam, berita sip

  4. mbakyu

    sayang ga smpt ngubek kota lama ya..pdhl ga kalah apik loh

  5. Fany

    yaa besok kalo dateng lagi ntar disiapin kemenyan deh. Mgkn kmrn eblis2 gak banyak yg dtg karena gak ada menyan nya hihihihii

    *eh keycodeku kok condongcatur*

  6. kang andhi

    ditunggu lho eblis2 lain yg mo grudug kota Semarang….. :)

  7. ekowanz

    kapan2 aku melu yo :p

  8. gak jadi ikut!!

    hyaaa!!!!! maap buat para blogger yang merindukan hadirku di semarang!
    :D
    ada “kepetningan yang ditak dapat ditinggal” !
    maap sekali lagi maap….

  9. SemarangCerah

    mas next bawa gerombolan yang lebih banyak ya hehehe
    tapi ojo kaget kalau tukang loenpia akan ngluruk ke jogja bersama rasa apel dan jeruknya :)

  10. escoret

    kpn anak2 lonepia bisa ke jogja..????

  11. PriyayiSae

    wah… kwi patunge laksamana ceng ho medeni bocah.

  12. Jaka

    koyone ono sek melu2 ra sido melu? *halah kalimate* wekek, mantab, kapan aku iso melu semarangan kie, hew hew … pengen …

  13. yang punya kamar mandi open source

    wah. sip sip..
    jangan kapok ke semarang ya.
    kami selalu siap! hehehe.. :)

  14. wedhouz

    :-)

  15. Yogie

    Jangan kapok main ke Semarang yaa….

  16. amma

    woh..ra diajak iks :D..

  17. Cewekaslisemarangsingmanis

    Wahhhhhhhhhhhhhhhh jahaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaattttttttttttttttttttttttttt, gak ngajak2 sing mbahurekso SimpangLIMA iksss :((

  18. yang tinggal di bawah taman tabanas

    Gimana taman tabanas?? dingin khan?!?? :)

  19. dendi

    wah wah cahandong memang TOP!!
    bwahahaha…

  20. thuns

    edian tenan… marahi ngiri ki!!!

  21. kenz

    jenjeng lagi.. jenjeng lagi… weleh.. hihihihii.. ;))

  22. kenz

    hehe.. gak ngajak2 ya.. ;))

  23. unai

    iya nih..gak ngajak ngajak :(

  24. onny ratih maya sari

    allo
    bisa kah aq kut gabung bersama kalian?
    aq ingin bertukar artikel ataupun pengalaman dari kalian tentang semarang khususnya peninggalan bangunan kuno nya, krn aq ingin membuat artikel ttg trsb sebagai salah satu syarat aq untuk dapat beasiswa ke s2 dan ingin mengabadikan profil semarang sebagai langkah untuk tidak menghancurjkan artefak atau bangunan sejarah dulu sehingga dapat sbg acuan untuk masalah konservasi dan preservasi bangunan d kota smg apalagi smg akan mengadakan semarang pesona asia d bln april.
    untk itu sy mhn kalian untk segera kbri atau konbtak aq y?
    trims bgt
    aq kuliah di UNIKA soegijapranata smg jur teknik arsitektur.

  25. onny ratih maya sari

    aq tertarik ama kalian ttg artikelsemarang
    apakah kita bisa bertemu untuk mengupas informasi masing2
    trims bgt y

  26. agnes mega monica

    btw kl butuh tourleader bwt jln2 dSmg nyari canandong j kalee y….
    mw dumz kpn2 jln2 brg…
    ngadain tour kliling smg gt kek…
    qt2 yg dr luar kota dg sng ht ikut ko!!
    kasi kbr yupz kl mu adain tour….

  27. arry widyasmara

    arry sangat suka cahandong.org
    yg memuat tentang kekayaan bumi Indonesia
    saya juga masih berjuang dengan DESAIN GRAFIS untuk bumi pertiwi agar Indonesia lebih di kenal di dunia dengan negara yang eksotis bukan sarang teroris !!!!
    untuk semua pecinta seni untuk negeri, arry ucapkan terima kasih dan terus berjuang untuk bangsa ini

  28. fitria

    coooool abist buat masjid agung jawa tengah…serasa dimadinah & yunani bagus bgt…bravo buat arsiteknya…

  29. maria

    Istimewa bgt..aq liat kota semarang..aq blm pernah kesana,gimana klo liat langsung dari sananya ya…?pasti lebih oke bgt…pertahankan terus deh pariwisata semarangnya…Biar semarang makin cantik,makin banyak yg dtg kesana…

  30. Arief

    semarang kota peling Indah lan bisa bikin fressh dengan keindahan alamnya. salam tuk alumni UDINUS tahun 2003

  31. lady D

    sbtlnya banyak loh wisata di Semarang, sayangnya kurang promosi. dan lbh disayangin lagi, kurang terawat
    Giman mo terkenal kalau begitu….
    Semarang Pesona Asia… apa mmg ada hasilnya ? gk keliatan tuch….:-?:-w:-w

  32. chichie

    :d/sangat bagus…boleh ga sy dapetin foto aslinya tempat2 wisata spt di sini.tq

  33. chichie

    ;;);;);;);;);;)sy tunggu kabar baiknya.maturnuwunnnnn:-c:-h:-h:-h

  34. pagi

    aQ bingung…
    aQ orang semarang,tapi kog kayaknya aQ belum ngrasa bangga ya sama wisata kota semrang,,:-?
    kesannya pemkot semarang kurang maksimal ngelola pariwisata di kota semarang
    makanya itu sekarang aQ lagi biki penelitian tentang periwisata kota semarang,sukur-sukur bisa tembus buat skripsi..
    help me kalo ada yang mau sumbang ide…
    pliz!!!!
    tahanx…

  35. bungamel

    semarang kota penuh cerita, kota cinta,……gak pernah terlupakan…asyik to anak semarang……….

  36. Muhammad Ali

    Saat Anda mencari lunpia dan bandeng presto di Semarang, Anda juga bisa mendapatkan kerupuk tengiri khas Jepara. Kerupuk ini dijual dalam keadaan masih mentah, tinggal goreng, dan rasakan kekhasannya. Terasa banget ikan tengirinya. Dapatkan di Toko Bonafide dan Toko Strawbery di Jalan Pandanaran Semarang, dan Toko Roti Brilliant di Simpang Lima Semarang.

  37. ilhamsatya

    siippp….!!!artikel-e wuapik bianget…..dadi kangen kpengen mulih kampung. semarang tambah sip yo?

  38. Software Payroll

    Wah..informasinya lengkap banget, thanks atas sharingnya.

  39. rahma

    bagi yg belon ke “kampoeng jawa”,”limut”,asyik tuh buat adhem2 kalo semarang lagi puanas,semarang(asem arang),buat yg mo outbond di lokasi semarang coba aja di “umbul sido mukti”,yg mo photo ja-dul bisa di lokasi “kebon karet”,pokoke komplit dech,g da matinya semarang,
    “semarng kali ne banjir,jo sumelang ra dipikir”:d/:d/:d/:)>-:d

  40. canli

    :x sebenarnya aku belum pernah ke semarang,tapi dalam waktu dekat aku ke jogja jadi kemungkinana sekalian ke semarang kan deket… makanya aku udah browsing2 tempat2 yang akan aku kunjungi. tapi aku sangat tertarik dgn kota tua semarang. mudah2han aku bisa ke sana. See U there:d

  41. Baju Muslim

    Di Semarang, enaknya nginap di hotel mana ?
    Ada gak hotel yang di sampingnya mal ?

  42. wanita berkaki langit

    :) Menarik tentang Semarang. Boleh saya tahu serba sedikit tentang Kg. Karang Saru?
    Datuk saya brasal dari sana. Beliau tlh berhijrah ke Malaysia.

  43. Mobil Bekas

    Oh…. Semarang, tunggu kedatanganku pada musim mudik ini

  44. wisata kuliner semarang

    :-?:-? jadi pengen jalan-jalan lagi neh…

  45. okemobil

    emang semarang paling oke. situs ini juga oke, oke-mobil.com

  46. doni

    biasa aja, jangan lebay ah…

  47. re

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata bersejarah.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetaui lebih jauh mengenai tempat wisata di indonesia.Saya juga mempunyai artikel yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi di sini


Silakan Berkomentar

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

ngasem