19 September 2018 • Selamat Siang

icip-icip

Menu Vegetarian Waroeng Jamoer

Siapa bilang hidup sebagai vegetarian itu tidak dapat merasakan berbagai macam masakan yang enak? Ternyata dari “hanya beberapa” menu vegetarian yang dapat ditemukan, ada menu yang sangat menarik untuk dicoba, terutama untuk mereka yang vegetarian. Kali ini kita akan mencoba menu ala vegetarian dengan berbahan dasar jamur.

Waroeng Jamoer, begitu tempat ini dinamakan. Warung yang terletak di sebelah utara gedung baru Fakultas Kehutanan UGM ini menawarkan berbagai variasi menu berbahan dasar jamur yang bisa dicoba. Jangan khawatir dengan kadar ke-”halal”-annya, karena sang pemilik warung ini juga vegetarian. Sesama sopir vegetarian dilarang saling mendahului, bukan? :D

Warung ini buka mulai pukul 18.30 hingga pukul 22.00. Bila pagi, kios yang terletak sekitar 100 meter sebelah timur Warung SGPC Bu Wiryo itu, berubah menjadi warung nasi kuning yang pemiliknya juga berbeda.

Waroeng Jamoer

Tempat makan lesehan ini tak begitu luas, sekitar 5×4 meter, tetapi mampu menghadirkan nuansa romantis. Mejanya yang kecil-kecil menunjukkan bahwa warung ini cocok juga untuk mengajak orang-orang tercinta untuk sekedar makan malam bersama sambil bercengkrama.

salah satu sudut di Waroeng jamoer

Menu yang disediakan warung ini sangat murah. Apalagi harga jamur yang didatangkan dari Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo ini jauh lebih murah daripada harga daging. Isu flu burung yang menyerang unggas akhir-akhir ini juga tidak berpengaruh, sehingga menu sehat ini dirasakan cocok sebagai pilihan.

Menu yang ditawarkan oleh warung yang baru saja dibuka sekitar 2 bulan lalu ini masih sangat sedikit, yaitu Semur Jamur, Sop Jamur, Penyet Jamur, dan Pepes Jamur. Akan tetapi sang pemilik warung sangat terbuka dengan usulan dan masukan dari pengunjungnya. Kami saat itu sempat me-rekues menu Nasi Goreng Jamur dan Teh Poci, sebagai menu tambahan warung ini.

daftar menu Waroeng Jamoer

Di balik daftar menu ini, kita bisa membaca informasi tentang manfaat dari jamur. Antara lain jamur mempunyai nilai gizi tinggi terutama kandungan proteinnya. Selain itu jamur dipercaya mampu memberikan manfaat yang baik bagi penderita berbagai macam penyakit. Jamur yang bila diolah dengan cara yang baik, rasanya bisa seperti daging, dan daya cernanya cukup tinggi.

Oke, cukup kita membicarakan tentang warung ini. Sekarang menu yang kita tunggu sudah tiba. Kali ini kami mencoba 3 dari 4 menu yang ditawarkan, yaitu Sop Jamur, Semur Jamur, dan Pepes Jamur. Untuk yang Penyet Jamur, silakan anda coba sendiri! :D

3 menu yang ada di Waroeng Jamoer

Kemasan untuk menyajikan menu ini juga unik. Mangkok dan piringnya terbuat dari tanah liat. Kami sempat tertipu ketika mengira warung ini juga menjual teh poci karena melihat berbagai perabotan dari tanah liat ini. Ternyata perabotan tanah liat ini digunakan untuk menyajikan sayur.

Sop Jamur ini rasanya sangat gurih. Bumbu yang terbuat dari kaldu jamur, yaitu air rebusan jamur kancing ini bener-bener membangkitkan rasa jamur yang sangat kuat. Rasa jamur kancing yang kenyal-kenyal empuk ini mirip-mirip dengan daging ayam.

Sop Jamur Kancing

Menu berikutnya adalah Semur Jamur. Menu yang sepintas mirip sambal ini bener-bener menunjukkan kualitasnya. Rasanya yang sangat pedas membuat mereka yang tak tahan dengan pedas harus mengangkat bendera putih tanda menyerah (bukan tanda ada orang meninggal). :-t

Semur Jamur Merang

Kemudian yang terakhir adalah Pepes Jamur. Jamur yang digunakan adalah jamur merang. Cara memasaknya seperti memasak pepes pada umumnya. Jamur yang telah dibumbui dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar di atas arang. Rasanya, mantab! Walau mungkin bila ditambah daun kemangi pada racikan bumbunya tentu akan menambah kenikmatannya.

Pepes Jamur Merang

Nasi yang disajikan pun tak kalah unik. Bukan dengan menggunakan piring pada umumnya, tetapi menggunakan piring yang terbuat dari anyaman bambu yang dialasi daun pisang. Nasi yang disajikan pun kualitasnya bagus. Putih, bersih, pulen, dan hangat.

nasi hangat khas Waroeng Jamoer

Aksesoris yang mempercantik ruangan ini juga unik. Antara lain asbak berbentuk semacam guci yang terbuat dari tanah liat serta tempat tisu yang terbuat dari anyaman bambu, menambah kesan romantis dan eksotis dari warung ini.

Tak banyak memang warung yang menyediakan menu-menu vegetarian di Jogja. Salah satu yang patut dicoba tentunya Waroeng Jamoer ini. Sehingga bila suatu saat kita menjamu rekan bisnis, mengajak pacar, atau orang-orang yang kebetulan vegetarian, atau sekedar berkumpul bersama kawan, warung ini tempat yang pas untuk itu.

Selamat mencoba!


58 Komentar

  1. diditjogja

    asekkkk…..
    *tapi aku gak duwe duwit ik*
    weh keycode e omahku dewe : gejayan

  2. tooooooooooooopics

    target locked…

  3. wedhouz

    kok aku ra tau dikandani + diajak yo
    kapan2 yen neng yojo maneh kita serbu itu waroeng
    kalo ada duit, eike bayarin dah… :-P

  4. chocoluv

    *liat komen atas*
    aseek… mo dibayarin \:d/

  5. mbak ayu

    weh…kang wedhouz aku yo gelem dbayari jugah kok…;))

  6. blueais

    aku gelemmmmmmmmm, nyuwunnnnnnnnnnn … *sluurrrrppppp*

  7. mysyam

    sup jamur =p~ =P~

  8. bebek

    iki mah emang enak… jenenge wae jamur…. sluuuurp…. *karo ngelirik wedhouz*

  9. bakul jamoer

    wingi ono sing tuku mrene nganggo kaos cahandong durung bayar… jigur.. tak laporke pak pulisi lho.

  10. templank

    lebih lengkap jamur madame dati
    tp keknya enak ini deh

  11. triyanto

    sore ini aku akan mecoba ah, semur jamur aku datangggggg!!!!!!!!!!!!!!!

  12. Fany

    wah si wedhouz semangat banget yen weruh menu vegetarian..
    aku benci sayuran, tapi jamur doyan…
    kapan2 nyoba ah..

  13. kenz

    walah keduluan.. aku itu dah rencana mau posting di blogku ttg waroeng jamur ini sejak lama je…. hehe.. tiap jumat aku pasti maem disini. ;)) jamur… penyet.. minumnya wedang tomaaat… weh.. enak tenaaaaaaaaaan lhooo… mulai bulan kemaren ada menu baru pepes… hehehe.. ini juuga enaaaaaaaak….

  14. kenz

    tapi tukang parkirnya asyeeeeemm tenaaaaaaaaan… lha wong dia itu jaga parkir di warnet kok bisa-bisanya minta duit parkir di waroeng jamur yang jaraknya ada 50 meter….. :((

  15. matriphe

    @kenz: hehheheheh…

    saya pas ke sana ndak ada tukang parkirnya, je.. apa mungkin tukang parkirnya eneg liat tampang kami yang kemproh dan keren itu ya? jadi ndak tega nariki bayarana.. :D

  16. escoret

    kapok makan jamur,gatel ra mari2..!!!!
    jd,ikut anter wedhouz jajan waelah..!!!!

  17. unai

    busyetttt banyak bener pesenannya? habis smuanya? perut karung bener hhehehe..kapan aku diajak kesana?

  18. KEN

    Jeng Unai, nek aku mudik Yk mbok ajak ke situ ya? ben aku ruh dalane:D

  19. angga

    weh..akhirnya..nemu…ning susah je arep dadi vegetarian….tenen (%)

  20. Afifa

    Wah, kayaknya enak nih :9 coba ah kapan2 :D
    Oiya, Lam Kenal Semuanya!

  21. agung

    hm… nasi goreng jamur… kayak ne patut tak coba nie…
    btw kl makan sayur doank mana kenyang… he-

  22. sasa

    ehm..sekedar info, aku dh ksna lo!!!menurutku, yummyy bgt!!!! apalagi sopnya, uenakkk tenann..
    klo pagi aku jg dah ksna, wuih nasi kuningnya, beda bgt bo!!!! klo bisanya nasi kuning cuma gtu2 aja, yg ini nasi kuningnya dicetak rapi, bersih m higienis, ya ga lupa mementingkan aspek kelezatan n kantong jg.
    kyaknya kalian mesti nyobain deh, ya jamur, ya nasi kuning, ga nyesel deh…
    he3..kyaknya sales aja nih…

  23. ajcool

    jamur??kyaknya menarik tuh…keren jg tuh idenya, ntar deh gw coba…
    nasi kuning??bole juga tuh…bedane opo mba??nek kalo spengetahuanku, ya gitu deh…bole juga tuh klo dicoba,..jadi punya 2 alternatif makan neh, pagi nasi kuning, malem jamur, enak juga…ennyyyaaakkk…ennnyyyaakkk…

  24. asep saiful bahri

    kami distributor jamur merang, kalo mau buka dikawasan jabodetabek bisa menghubungi kami dalam penyediaan jamur merang. telp 02198308245/081398090801 e-mail sbg_line@yahoo.co.id

  25. arexelex

    aku dulu pernah juga sewaktu masih di deket kanisius…lejat tenan

  26. kian

    wuah..kok aq ra’ngerti ya..
    anyar po…kok pas aq kuliah ra’ eneng nja..

    btw salam kenal…ya..pengen ikutan jadi andong-ers dunk..

  27. wawanjavamall

    NL… Numpang Lewat,……..
    sayang di Semarang belum ada. Ayooo sapa mau buka Waroeng Vegetarian…

  28. wawanjavamall

    Oia… di food court javamall ada tempat neh… sapa mau buka? gak usah bayar sewa. ntar bagi hasil aja. 75 - 25

  29. kunang

    jamur pancen uenakk tenan ….

  30. aL

    wesssss……….warung jamur!!!!!!!!
    jarang bgt nie…ak udah nyoba warung jamur ni…makananya variatif…gak cuma yang vegetarian aja…sapa aja bisa coba..

    coba de..harganya terjangkau…enk lg..abis itu yang jaga anaknya ramah bgt…sohibbbb bgt..

    ok deh…good kuliner…

  31. bho

    alo…
    maaf ni saya bru buka cahandong, n baru sempat ngisi
    saya owner waroeng jamoer, makasi buat cahandong udah mau nyantumin profil warung kami di situs cahandong

    sekedar info kita punya menu baru: nasi goreng jamur, tempe goreng, dan oseng jamur (udah sebulan)

    o iya kami sangat menerima dengan terbuka setiap kritik dan saran yang sifatnya membangun

    sekali lg makasi buat cahandong
    semangat terus

  32. Arezk

    WoW! kayakna LezzaT tuch! patut dicoba…
    sering Lewat tapi ga’pernah merhatiin …

    maturnuwun infonya
    =SaLam=

  33. bho

    setelah 3 bulan tutup….(he..kelamaan ya)
    sekarang waroeng jamoer buka lagi…

    mengingat bahan baku yang sulit maka beberapa menu kami hilangkan… diantaranya sop jamoer dan penyet jamoer….

    sebagai penggantinya kami telah menyediakan beberapa menu baru….
    silahkan dicoba…..

  34. bho

    o iya mengingat seringnya terjadi fluktuasi harga2 di Indonesia
    maka untuk harga kami juga melakukan penyesuaian
    jd harap maklum ya……

  35. xTsanix

    Wah uenak tenan ki…
    Mas ndak nggone deretan selokan Mataram???
    aq pernah lewat soale…
    Mas lha nek delivery iso porak???
    Masalahe omahku Semarang.hehehe…..

  36. decnya Maz Tsani

    nanti tak anterin ke sana aja ach…
    deket kq…
    d kebonku juga banyak jamur…klo bawa jamur sendiri bayarnya berapa????

  37. xTsanix

    Decku….=O
    Mas kangen YK ne….=(
    eh,kangen Dec jg dink.he…

  38. moesho

    Wah..liat menunya aja jadi laper ni….dimana ya bisa ngedapetin makanan itu..aku juga vegetarian je….

  39. joko

    eh…..eh…… ada waroeng jamur baru lagi,
    di daerah babarsari, kompleks ruko babarsari no. 60, perempatan selokan depan depok sport centre ke timur depan gereja selokan…
    ada menu sate jamur ama tongseng jamur… mak nyuuuuuuusssss tenan, coba wae yuuuuk

  40. wi.....

    waroeng jamoer skrg gnti nama lho.jd kedai jamoer..ga tw pa dsr filosofi si empunya..yg jelas skrg lbh fresh,ngejreng,n dgn nuansa yg berbeda pula tentunya…n yg jelas lg lbh nyummi….o iya,jgn kwtr bg yg tongpes alias kantong kempes di tgh ato akhr bulan..kedai jamoer menyediakan menu yg amat sangat tepat..sego jamuren namanya. jgn tertipu ma namanya…jgn pula membayangkan klo sego jamuren tu nasi yang udh basi trus ditumbuhi jamur…menu yg satu ni merupakan perpaduan yg luar biasa antara nasi dgn berbagai olahan yg tentunya berbahan baku jamur(agak berlebihan ya)…:) da jg berbagai menu baru yg dijamin ga bakalan nyesel klo mencobanya…
    sekedar info aja byk kru n karyawan kedai jamoer yg msh berstatus single ;)
    so klo me mnta CP lsg aja dtg ke kedai jamoer..depan fakultas kedokteran hewan UGM sebelah SGPC Bulaksumur…
    silakan mencoba

  41. ekohand

    hallo dimana ya kalo di kota surabaya?

  42. nisrina

    lumayan nih ada tempat makan baru:d/

  43. Anis

    wah enak tenan….

  44. jasmine

    ngomong2 masakannya pake bawang2an ga?soale sayavegetarian yang ga maem segala bawang cs..hehehe
    oya banyak koq RM Vege di jogja,salah satunya punya mbok ku..
    :x
    walah malah promosi nih ye.
    tapi jamur emang tob bangetz..
    hidup semangat vegetarian..:)>-

  45. farid

    murah banget apa nga rugi

  46. arif

    kedai jamur sebelah mana yah? apa deket selokan mataram itu???

    klo butuh jamur tiram putih harga miring kualitas bagus hubungi saya yah.. arf 081578147946 atau email ke rief_22021@yahoo.co.id

    saya tunggu kabar baik nya..
    terima kasih

  47. Artasena Satyaresi

    laperrr….. hiks….:((:((:((:((:((:((:((:((:((:((:((:((:((:((:((

  48. jeffrey

    mantapppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppp:d/

  49. Rahma

    uenak neeh…….!!!

  50. thole

    thxs infonya, jadi ada alternatif tempat makan malam. be veg go green save the planet (&wallet)

  51. tuty

    sekedar berbagi info
    di yogya ada beberapa rumah makan yg khusus menjual makanan vegetarian
    salah satunya di depot vegetarian lusidus yg terletak di pst.pertokoan babarsari no. 21
    menu yg ada sangat variatif dgn harga yg sangat terjangkau.

  52. pudjo

    butuh jamur tiram bisa kami sediakan pak, 08156878784

  53. mbak luk

    alamat lengkapnya…….dimana nieh…….pengen coba….. lo….:x

  54. syaifudin

    kedai jamur yang di sebelah SGPC udah lama tutup yaaa>…!

    Kemaren aku makan jamur ke pusat kuliner jamur di Klebengan juga, namanya hampir sama lhooo…
    \ Kedai djamoer “pusat kuliner jamur Nusantara”

    di: Jalan mangga 3, Klebengan, Depok Sleman Yogyakarta…

    Kedai dJamoer ada juga yang di Gejayan atau Affandy Yogyakarta (seberang RRI)

    Harganya sanagt terjangkau dan tempatnya enak untuk kumpulll uey….
    siapa besok mau ikut kesana bareng saya, friend…? ha ha ha (bayar ndiri!)

  55. Rahmat

    Hem menggoda nih menu vetgetariannya.

  56. sesilia

    Pengen coba…saatnya hunting jejamuran…saatnya makan yang sehat..

  57. Nia Lestari

    :d/
    Mau–mau–mau

    Aku sering makan di kedai Djamoer Klebengan itu. uenak,
    Kedai djamoer namanya.

    saat kesana di tanyaiin teman mau sate Jamoer yang paket berapa,,, haaah ada paket. iya lho paket 1, 2 atau 3. paket 3 hanya 6.000 (enem ribu) MUURRAAAAh booo..”’

    saya pernah ke Restoran jamur yang di jl .Magelang tu enak sih memang dan suasananya sipp tapi harganya untuk kantong kite nggak kuat.

    pernah dalam sehari ke Kedai Djamoer Klebengan ampe 3X… hehehe swerrr.

    Karena enak, Murah dan Hommy…. sisp sips sips…

  58. Nia Lestari

    :d/
    Mau–mau–mau

    Aku sering makan di kedai Djamoer Klebengan itu. uenak,
    Kedai djamoer namanya.

    saat kesana di tanyaiin teman mau sate Jamoer yang paket berapa,,, haaah ada paket. iya lho paket 1, 2 atau 3. paket 3 hanya 6.000 (enem ribu) MUURRAAAAh booo..”’

    saya pernah ke Restoran jamur yang di jl .Magelang tu enak sih memang dan suasananya sipp tapi harganya untuk kantong kite nggak kuat.

    pernah dalam sehari ke Kedai Djamoer Klebengan ampe 3X… hehehe swerrr.

    Karena enak, Murah dan Hommy…. sisp sips sips…:x
    :x


Silakan Berkomentar

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

gondokusuman