28 April 2017 • Selamat Malam

kegiatan

Pekan Iklan 2007 (PEKIK 2007)

Sabtu (13/01) kemarin, meski menjadi hari keempat dari lima hari pelaksanaan Pekan Iklan -PEKIK- 2007, tetap tak menyurutkan minat CahAndong untuk berkunjung. Empat crew CahAndong (matriphe, templank, chocoluv, diditjogja) datang sebagai wujud apresiasi bentuk kreativitas anak muda Jogja akan dunia advertising. Datang hampir pukul tujuh malam, areal parkir masih cukup penuh dipadati pengunjung yang kebanyakan generasi muda ini.

Disambut dengan senyum ramah panitia yang berkaos hitam-hitam, kami masuk di sebuah gedung tua di dalam kawasan Taman Budaya, Jalan Sriwedani, Yogyakarta. Saat mengisi buku tamu pun, dapat kita lihat bagaimana bentuk dukungan, kritik, saran dan tentu saja kenang-kenangan dari pengunjung selama pameran berlangsung dalam bentuk tanda tangan yang tertulis di lembaran lebar kain putih.

Ketua Panitia PEKIK 2007 yang hitam manis

tanda tangan para pengunjung

Advertising UGM

Sempat berbincang sejenak dengan panitia, kami akhirnya sedikit banyak tahu mengenai pameran ini. “Pekan Iklan 2007 : Pameran Iklan Terbesar di Jogja” dijadikan tajuk oleh mahasiswa D3 Advertising UGM Angkatan 2004. Even ini pun tak lepas dari kunjungan Dosen dan Staf Pengajar, karena ajang ini memang menjadi wujud tugas kampus mahasiswa D3 Advertising 2004.

Panitia mengambil maskot “semut api”, yang berwujud semut merah raksasa di tengah ruang pameran. Sifat binatang ini yang diharapkan mampu dipetik para penggiat pariwara untuk tak pernah lelah berkarya.

semut

Karya Iklan dan Non-Iklan

Terdapat puluhan karya iklan dan non-iklan dalam pameran tahunan ini. Karya iklan dapat meliputi iklan layanan masyarakat dan iklan produk. Bentuk karya non iklan dapat berupa desain grafis berupa gambar vektor, 3 Dimensi, dan fotografi. Masih ada satu lagi bentuk advertising yang dihadirkan disini, yaitu berupa karya-karya merchandise.

merchandise, kreatifitas tiada henti

Penyajian Karya

Cara penyajian yang cukup unik, dengan menempelkan “semut-semut” di sekitar karya, menghadirkan suasana yang tidak monoton dan membosankan.

penyajian karya yg menarik

Cerdas dan Kreatif

Wajah-wajah pengunjung nampak tersenyum memperhatikan karya yang dipajang. Memang, kreatifitas menjadi ujung tombak dari karya iklan yang baik. Banyak karya yang dapat membuat pengunjung terkagum-kagum, tersenyum, bahkan merenung dan berpikir.

karya iklan

Salah satu yang menarik adalah gambar pakaian dengan bekas setrika yang hangus disana-sini. Di bagian-bagian gambar yang hangus tertulis “14 Februari, untuk sobek bibir saya”, “12 Desember untuk luka tangan saya”, “3 Desember, untuk lebam mata saya” dan ada bagian yang tidak hangus bertuliskan “hari ini, setrika saya rusak”. Iklan tersebut merupakan iklan komunitas perempuan anti kekerasan.

cerdas dan kreatif

Karya lain berupa gambar seperangkat perkakas bertuliskan “Berbenah diri itu pasti”. Sebuah ungkapan, lebih tepatnya sindiran, kepada PSSI dan jajaran pengurusnya yang terus menuai kritik atas kinerjanya terhadap carut-marutnya persepakbolaan dalam negeri.

3 Dimensi

Karya 3 Dimensi yang dihadirkan pun cukup menarik pengunjung. Karya ini ada yang ditampilkan di sudut-sudut ruang dan berdampingan dengan karya gambar lain. Namun ada pula yang ditampilkan di tengah ruang pameran, serta diletakkan di lantai, sehinggga cukup menyita perhatian pengunjung.

3D

Salah satu yang menarik dari jenis karya iklan ini adalah lampu lalu-lintas dengan lampu hijau menyala dan dibawahnya bertuliskan “ngobrol jalan terus” disertai logo salah satu operator telekomunikasi. Ada pula iklan layanan masyarakat yang menggunakan obyek yang sama yaitu lampu lalu-lintas. “Don’t drink and drive” dan sekaleng minuman keras, dimaksudkan kepada pengendara kendaraan bermotor untuk tidak menyetir dalam keadaan mabuk.

Produk Khayal

Produk khayal atau imajinasi seolah-olah dijadikan lambang kreatifitas mahasiswa advertising ini. “Sekoteng”, serangkaian produk fiktif yang menampilkan serbuk sekoteng yang dikemas menarik dalam kotak dan disain kemasannya. Serta “Sekoteng Bubble Gum” yang disajikan bersama teko/poci lengkap dengan cangkir tanahnya. Ada pula beberapa produk khayal lainnya yang ditampilkan dalam ajang ini.

sekoteng, produk fiktif nan kreatif

Pemutaran Iklan

Dalam pameran ini, panitia juga mengadakan pemutaran iklan, diskusi iklan, dan workshop. Sedangkan pemutaran iklan sendiri, dilangsungkan di tempat yang sama mulai dari 12-14 januari kemarin. Iklan yang diputar pun berasal dari berbagai festival iklan bergengsi dunia. Yaitu Cannes, Advert, Advest, Pinasthika dan Citra Pariwara. Workshop yang dihadirkan,meski tidak sempat kami liput, berupa Workshop Account Management “Communication Sills for Account Management” dan Workshop Media “Be A Creative Planner”.

jadwal pemutaran

suasana pemutaran

pemutaran audio secara swalayan

Di areal pameran juga terdapat semacam tempat duduk yang disusun mirip halte, dengan bertuliskan Recycle Bin, dan ditempeli hardcopy karya-karya yang tidak ditampilkan/tidak sesuai dengan seleksi panitia.

recycle bin, yang tak terpakai

Pilih dan Tanda Tangan

Sebelum keluar, pengunjung diminta untuk memberikan pendapat megenai karya iklan terbaik, yang lalu diserahkan panitia melalui apa yang mereka sebut dengan “kotak vote”. Sebelum kami meninggalkan ruangan, kamipun harus meninggalkan jejak di tempat ini. Seperti pangunjung yang lain, kami membubuhkan tandatangan di kain putih.

dan andongpun memilih

jejak CahAndong

Diskusi iklan dilangsungkan di tempat berbeda dari ruang pameran meski masih di dalam areal taman budaya Yogyakarta. Sayang, CahAndong terlambat mengikuti diskusi ini. Namun begitu, kami sempat memperhatikan jalan menuju ke areal Disusi dan Workshop yang cukup menarik. Jalan yang tampak biasa saja di siang hari, menyita perhatian pengunjung pada malam hari. Karena di tepian jalan dihiasi lampu minyak dari botol bekas.

night street photo session

CahAndong di taman budaya


30 Komentar

  1. diditjogja

    pulang, kelaparan, dan…nyasar di BABI KECAP PAK TEGUH sebelah melia!!!

  2. bodi

    poto seng ngisor dewe koq koyo potone trio kweq2 ….. heheheee

  3. Jaka

    Lhoooo, cahandong ra melu iklan sisan to? :D

  4. araw

    siiip tenan

  5. chocoluv

    isine lucu lucu, apik apik,,, tahun depan pada liat semua yuk ;)

  6. unai

    tak kiro jadi bintang iklan sampo anti kutu kekeke.BAgus nih liputannya, ning iki luwih mirip komik..akeh temen gambare

  7. Jaka

    Piye to nek CahAndong gawe album/gallery photo? kayak`e luwih asyik deh, asyik ngeklik-nya, asyik juga ngliatnya, nyaman mentheleng-inya… Hehe, usul iki wis ping piro yo?

  8. diditjogja

    weh…pye nek gawe nang multiply wae!
    cahandong.multiply.com!!
    semua poto bisa diuplot kesitu, tentang kegiatan sampe icip-icip…pye?!

    tapi ntar dulu ding….sabar…sabar….

  9. escoret

    gambar pertama..blognya apa ituh..???

  10. pimpinan™

    ralat dirt.. yang ngadain angkatan 2003 :)

  11. templank

    yg dililin kreen ya….

  12. Mbilung

    cah andong sudah di recycle bin? masih bisa di-restore ya?

  13. bakul bakpao

    tetep yow…

  14. tooooooooooooooopics

    itu itu… yang poto paling atas.. itu anggota cahandong yang baru ya??? koq ngga penah keliatan?? blognya apaan??

  15. kenz

    hihihi.. almamater saya rupanya masih eksis.. hmm.. kabarnya advertising ugm sudah ditutup mulai tahun ini, jadi masih ada dua kali lagi pameran yaitu angkatan 2004, dan 2005. Abis itu.. tamat deh… eh gak ding, masih ada pameran iklannya pppi, atau iklan-iklan dari luar negeri… yang juga menarik dan kocak banget.. seru deh…

  16. amma

    foto sing nag pinggire lampu minyak dari botol bekas apik tenan kuwi..hhuhuehuee..

  17. bebek

    halah tenanan nggayaaa kuwi poto sing neng dalaaan… nyepet2i pemandangan wae sing neng tengah…. gambar dalan’e dadi ketutupan… kekekeke..

  18. RURI
  19. JAKA

    GAWE GALLERY nganggo Script Wae, kayak 4Images, hostinge cukup ra? gambare cilik2 wae, standar 1024×7** kae … di buat domain dw. Piye2? Multiply kie abot je … :(

  20. bagus

    curang………acara se-asyik itu, aku ora dikabari n ora diajak.hik..hik..hik, kalian sudah melupakan aku ya?

  21. sarie

    Ini adalah acara kami yang sangat membanggakan. Advert UGM angkt 2004….JAdi pengin terharu,bo”

  22. adi

    POKOKNYA PEKIK DI TUNGGU TAHUN DEPAN,!!!!!
    apakah tambah baik??? ato????????

  23. Ronny papua

    muda mudahan aza anak2 angkatan 2005 bisa lebih baik.,.,kan ada saya,.,.,eeweeeeeeeeee..

  24. reza

    wah karyanya dah bagus2 tuh…
    gmn klo tar di ikuti pinastika tahun ini??
    doain ye tahun depan kan terakhir mudah2 bagus juga…

  25. Danny

    Ternyata kerja keras dan team work benar-benar dapat membuahkan hasil yang besar. benar kan!? yu..k.

  26. Heru

    Chayo!!!

  27. Heru

    pancen sip tenan

  28. castro

    tetap semangat dan tetap jaya dalam bingkai kreativitas!!!!!!!!!!!!!!!!

  29. castro

    mari ikut pinastika 07!!!!

  30. ery k

    saya tunggu PEKIK tahun ini !! semoga sukses :)


Silakan Berkomentar

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

gedongkuning