15 November 2018 • Selamat Malam

icip-icip

PEMPEK MANG PARI

Postingan ini ditulis oleh mas is *iswinardi*

Beristri orang Palembang, membuat lidah saya terbiasa dengan masakan yang berbumbu khas ; pedas, asin, dan asam. Seringkali kami mencoba resep masakan nusantara, tak ketinggalan membuat pempek dan tekwan favorit keluarga. Sayang… rasanya kurang mantab, kurang mak nyusss hehehe.

Di Jogja yang berhati nyaman ini, dengan kemajemukan penduduknya tentulah kebutuhan akan lidah dan citarasa tidak bisa disampingkan. Banyak pendatang dari penjuru nusantara yang mengadu nasib di sini. Dari Sabang sampai Marauke. Praktis, selera dalam memilih rasa dan menu makanan akan berbeda satu sama lain.

Untunglah, kita tidak akan kesulitan mencari makanan kesukaan tanpa harus pulang ke kampung halaman.

picture-073.jpg

Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang berbahan dasari ikan dan sagu/tepung kanji. Tak lengkap jika pempek disajikan tanpa ditemani oleh kuah hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau “cuko” (bahasa Palembang). Cuko adalah teman makan pempek yang setia, dibuat pedas untuk menambah nafsu makan.

picture-067.jpg

PEMPEK MANG PARI, yang beralamat di Jl. Tamansiswa, menjadi pilihan kami memanjakan lidah, bernostalgia tanpa harus mudik ke kampung halaman istri. Pastinya tidak akan merogoh kocek terlalu dalam, karena harga yang ditawarkan relative murah, tidak sebanding dengan rasa yang LUAR BIASA nikmatnya.

picture-080.jpg
Pempek yang terkenal di sini adalah “pempek kapal selam” (pempek dengan isi telur). Tekwan juga tak kalah nikmatnya. Biasanya kami memilih keduanya, kapal selam dan tekwan. Tak jarang juga kami mencicipi pempek lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama “ada’an”), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek kriting. Semuanya dijamin yahud, apalagi bila ditemani dengan es kacang merah. Ughhh rasanya nendang sekali.

Hayuk mampir ke sini, dijamin gak akan nyesel.


28 Komentar

  1. tempalnk

    hayo mas kapan kita kesini… saiaa suka sekali dengan pem2k

  2. bebek

    @mas is: wahh kang… (mas is)… kapan aku bisa merasakan masakanmu… dan masakan mbok unai sisan??? kunjungan selanjutnya pakek acara masak2an piye kang?

  3. chocoluv

    hayooo,,, cahandong makan2 yuk di mang pari… *sambil nglirik sang pimpinan™ yg ngga doyan empek2*

    btw, saya ke mang pari itu selalu menyesal… nyesel karna porsinya kurang T_T sithik tenan je… tapi enaaaaaak :D

  4. deep_track

    glek… (8nelan ludah trus ngiler..) penge….n :((

  5. briant

    wah, ternyata pempek tuh banyak macem macem nya to… baru tawu deh. hmm jadi pengen

  6. ekowanz

    hmmm….emank enak tuh :-?

  7. tukang nggedeblues

    ayyyooo,,,,nggruduk ke sana, mo ditraktir mas is je …..

  8. bakul bakpao

    huh piye nek makan mpek mpek hasil masakan mas is…enak ndi??

  9. herry

    ya getuuuwwww dee…

  10. wedhouz

    wah… matur nuwun…
    saya ngga makan mpek2 je…

  11. thestoopid

    huhuhu….
    *lap ileeer*

    eh kok ga da harganya
    kalo kapal selam brpa..
    kalo lenjer brapa…

    wah kurang lengkap niiih :D

  12. amma

    weleh..bar tuku pempek nang tamsis kono, buka cahandong kok enek tulisan tentang pempek. huhu..jian..pokokmen pempek mang pari pancen oye!!

  13. bodi

    ayoooo serbuuuuu …… jangan lupa bawa perut kosong. :D

  14. pimpinan diktator

    waahh..

    saya punya trauma mendalam dengan pempek..

    pernah mules-mules sampe mencret-mencret *sori* gara-gara makan pempek…

  15. escoret

    hehehhe..sudah pernah aku jajah..hehheh

  16. cah mbuh

    ada ngga ya yang mau ngajak aku ke sana.. trus nraktir aku…. yang mau ngacung…

  17. kucinglistrik

    weh…. kayakna enak ya…
    biasanya g nyobain pempek yg di selatan ramai mall di Ny. K*mt*…
    wanjingg…. mahal aja harganya ! rasana ga nendang! ga seenak dt4 g d kampung sana :)
    zam, di, dit, dlo, dip ayo qt ksana…. kayakna g mo balas dendam neh…. >:)

  18. ndah

    ooo ini sek di omongin kemaren yo mas
    ditulis di sini rupanya

  19. diditjogja

    aku ngerti knopo mas is ngajak nang mang pari, mergone makzam wis bangkrut mangani CahAndong…
    wakakakakaka
    :))

  20. Jaka

    wah, bar tewas ngene, enak koyone nyobo mpek2, sopo rep ngajak? hiww…

  21. kenz

    hehe.. dho, si mutia diajak maem kesini aja.. aku ikut ;))

  22. templank

    @kenz : B*****r.. nih orang dimane2 gosip aja…

  23. diditjogja

    asekkkk….eh semua!
    rido ngajakin makan2 tuh, asekkk…..
    PJ ya do?!
    makan-makan-makan-makan……………

  24. thuns

    waaah jadi kangen makan pempem rasa strawberry…

    OOOPS… emang ada? hehehe =))

  25. KEN

    Bosss, nek aku mudik Yk, mbok dijak kesitu ya?
    kayane TOP MARKOTOP tenan kuwi :D

  26. tonidut

    wah teman2 kalian harus pertimabangkan juga ……. klo sebelah mang pari juga ada EMPEK-EMPEK…… waktu itu gua iseng kesana ternyata rasanya beda banget lho……… klo wa sih lebih prefer ke sebelahnya…. coba deh…..

  27. Triyana

    Di Bogor juga ada Pempek yang enak namanya ” PEMPEK XENA”
    Saya juga penggemar berat makanan Pempek Asli Khas Palembang? Apalagi kalau makannya passs… abiss ….hujan….hmm…yummy.. dan di Bogor juga ada yang jual Pempek yang uueeenaak dan maaanntaaaps?!, seperti di Kota asalnya Palembang?, …….yang pasti sich…. siiiips dech kualitas dan rasanya,… lokasinya di Perumahan Ciomas Permai namanya Pempek “ XENA “, Pempek Palembang Asli dengan Ikan Tenggiri, salam……

  28. gelée orale cialis pour hommes

    Que se passe-t-il, bon site Web que vous avez actuellement


Silakan Berkomentar

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

tamansiswa