23 August 2017 • Selamat Sore

kegiatan

Idul Adha Ceria [Kambing Ceria]

Sebagai laporan atas terselenggaranya even Idul Adha Ceria atau yang diberi kode Kambing Ceria, ini saya laporkan hasil pandangan mata (la mosok pandangan telinga?) tentang even yang diselenggarakan CahAndong kemarin itu.

Kegiatan ini dalam pelaksanaannya dibagi menjadi 2, mengingat kita menyalurkan hewan kurban ada di 2 tempat. Pertama yaitu di Dukuh Legundi, Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, dan yang kedua adalah di Panti Asuhan Al-Barokah.

Kambing Ceria kurban #1

Kegiatan ini dilaksanakan tepat pada Hari Raya Idul Adha 1427 H, pada hari Ahad, 31 Desember 2006. Kali ini rekan-rekan Andong menyempatkan diri mendatangi lokasi yang sangat terpencil dan bikin pantat lecet ini. Walau hujan mengguyur sejak pagi, tak menyurutkan niat dan semangat rekan-rekan untuk berpetualang sekalian rekreasi.

Setelah melalui perjuangan berat dan panjang, mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke lautan, *koyo lagune Ninja Hatori* akhirnya sampailah kita di lokasi penyembelihan. Ada 7 ekor kambing yang akan disembelih, yang mana 4 di antaranya adalah hasil penyaluran dari CahAndong.

Eksekutor kambing kali ini ditangani langsung oleh shohibul kurban, Mas Is dan juga Mas Bagus. Mas Is menyembelih hewan kurban atas nama dirinya sendiri dan juga atas nama CahAndong. Sedangkan Mas Bagus menyembelih hewan kurban atas namanya sendiri dan juga atas nama Bapak Soediarto (bapaknya Mas Lawni).

Proses Penyembelihan

Kambing hasil penyaluran CahAndong

Setelah proses penyembelihan selesai, rombongan pun disambut oleh warga. Kami dipersilakan untuk duduk, istirahat, dan ngobrol-ngobrol yang kemudian dilanjutkan dengan makan gulai kambing. Ada yang unik di sini, yaitu keberadaan Nasi Thiwul, yaitu nasi yang terbuat dari ketela pohon.

Sambutan warga

Nasi Tiwul

Setelah dirasa cukup, akhirnya rombongan pun berpamitan. Tetapi sebelumnya, ritual khas blogger harus dijalankan, yaitu poto-poto!

Berfoto bersama warga dan anak-anak Dukuh Legundi

Foto-foto bersama Kepala Dukuh dan Ketua Takmir

Perjalanan akhirnya dilanjutkan ke Pantai Ngobaran untuk sekedar rekreasi.

Berfoto di karang Pantai Ngobaran

Kambing Ceria kurban #2

Kegiatan ini dilaksanakan pada esok harinya, Senin, 1 Januari 2007. Bertempat di Panti Asuhan AL-Barokah, Prambanan. Ada 10 ekor kambing yang disembelih, di mana 2 di antaranya adalah hasil penyaluran dari CahAndong.

Kali ini yang datang untuk meliput adalah saya sendiri, dikarenakan pada hari yang sama ada acara Outbond Ceria di Kaliurang.

Tanpa basa-basi, 2 ekor kambing langsung dieksekusi. Kambing yang disalurkan oleh CahAndong adalah hasil sumbangan dari Tunku Sarah dan juga atas ama Alif Rakhan. Setelah eksekusi, saya sempat dijamu untuk nge-teh dulu. Dan setelah berbincang-bincang sejenak, saya pun pamit karena harus nyusul temen-temen ke Kaliurang.

Penyembelihan kambing di Panti Asuhan

Alhamdulillah akhirnya amanah yang dipegang CahAndong bisa terlaksana semua. Terima kasih kepada semua pihak, mulai dari para shohibul kurban, panitia pelaksana Idul Adha di daerah yang kami datangi, serta rekan-rekan Andong yang bersedia datang untuk meluangkan waktu. Jazakumullah.. :)

Semoga apa yang kita lakukan ini mendapat ridho dari Allah S.W.T… Amin.. [-o<


12 Komentar

  1. chocoluv

    ih,,, ada postingan berdarah2 :-S
    loh, kok keycode tamsis? pencinta bu rinnie pasti :P

  2. diditjogja

    hmmm……..kurang dramatis liputane!! harusnya disebutkan bahwasanya ada seekor blogger yang rantainya ngadat dan merepotkan semua pihak….

    *fufufufu……*

  3. templank

    duh.. potonya kejam sekalee…
    @diditjogja : siapa dulu dosen pembimbingnnya hingga ga kuwat™ gitu…

  4. kenz

    @diditjogja
    hehe.. kabarnya ada juga seekor blogger yang terpaksa ‘nyeker’ (*ga pake sendal) kemana-mana ya? ;))

  5. tooooooooooooooooopics

    wah.. nek le posting zam, mesti nganggo misi kulinary.. ckckckckck…

  6. mysyam

    weh, selamat dab atas kegiatane..
    btw hanya koreksi layout ni, side bar e mudhun dadi bottom bar kalau menggunakan internet expl, mungkin slama ini pada make firefox dimana tampilannya fine-fine aja. ak juga gi iseng-iseng make ie, bisanya juarang buangeth. :D coba deh cek pake ie, trus lihat di full entry / comment page.

  7. mysyam

    tambahan, ternyata home page (halaman depan) nya juga sama, kalo pake IE sidebar e juga melu-melu mudhun dibawah “andong messenger” :D

  8. bagus

    hehehe, ini juga seru, tp spt biasa fotoku kurang akeh..sing nang pantai mana?

  9. blueais

    manteb wiz … manteb, alhamdulillah… amanah2 telah tersampaikan. wa, postinganku diedit meneh ikie, ngelink ke sini, wingi pas posting blom ada artikelnya je. sipppppppppppppppppppppppp wizzzzzzzzzz … Allahuuu Akbarr !!!

  10. tukang poto

    weh kejem tenan….. kabeh foto hasil jepretanku dipajang. tapi raiku ra ono ning kono babar blas.. :((

  11. amma

    waaaah…aku telat melu nang korbanane..hiks hiks :(

  12. mbakyune didit

    loh kok ono aku :P


Silakan Berkomentar

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

malioboro