15 November 2018 • Selamat Malam

ngudarasa

Semoga Eksis, Sebuah Refleksi Akhir Tahun

Pertengahan Ramadhan 2006, acara buka puasa bersama di Warung Thengkleng Mak Zam, beberapa blogger Jogja dan Solo berkumpul, yang kemudian berakhir dengan terbentuknya sebuah komunitas blogger baru di Jogja. Dari beragam usulan, kemudian mengerucut pada satu titik untuk memberi nama Andong - kemudian berubah menjadi CahAndong - bagi komunitas tersebut.

Ada visi dan misi yang menyertai pembentukan komunitas ini. Selain lebih merekatkan persahabatan yang sudah terjalin, juga ada keinginan dari para blogger untuk lebih berguna bagi orang-orang di sekitarnya, dengan melakukan kegiatan sosial.

CahAndong memang masih bayi. Usianya baru tiga bulan. Tapi kalau diibaratkan bayi. CahAndong bukan bayi manusia, meski penghuninya para manusia semua (plus beberapa eblis™ >:)). Di usia tiga bulan, bayi belumlah bisa berjalan, pun berlari, dan belum bisa bicara.

Tapi CahAndong, meski masih bayi, sudah bisa bicara banyak dan berlari melesat. Entah, cahandong ini dari jenis bayi apa, wong sudah bisa bicara dan berlari.

Even-even sosial, sudah banyak digelar. Sebutlah acara syawalan dan bakti sosial di sebuah panti asuhan AL Barokah di daerah Prambanan pascalebaran lalu. Atau pelatihan membuat blog bagi masyarakat awam, yang belum lama berselang digelar.

Itu dua acara yang sudah selesai digelar. Setelah itu, kabarnya sudah menanti jadwal-jadwal kegiatan yang akan digelar. Satu contoh, dalam waktu dekat, ada kegiatan terkait Idul Adha di daerah Gunung Kidul. Atau sebuah pelatihan membuat blog, yang juga akan digelar Januari mendatang.

Baru tiga bulan, usia CahAndong. Tapi dia sudah bisa bicara di kancah perbloggingan. Sudah bisa berjalan, meski mungkin masih tertatih, dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif, yang bisa memberi arti bagi manusia di sekitarnya.

Saya sendiri sering terheran-heran, dengan pesatnya perkembangan CahAndong. Dibentuk dari kebiasaan thongkrang-thongkrong bareng, nggambleh ngalor ngidul, theng-theng crit (thenguk-thenguk crito) together, kemudian berkumpul dalam satu wadah, lalu berujung pada beberapa kegiatan positif yang dulu sama sekali tidak terpikirkan.

Saya, sebagai salah satu andongers (yang belakangan tidak bisa terlalu aktif karena urusan pekerjaan), tentu sangat berharap, usia tiga bulan awal ini menjadi starting point bagi CahAndong untuk tidak lagi bicara dan berjalan. Tapi bisa lebih, lebih dari sekadar berbicara, dan lebih dari sekadar berjalan. Kalau perlu, teriak dan berlari, lalu berkembang tanpa batas.

Itu harapan saya, dan mungkin harapan seluruh bolo-bolo kurowo di CahAndong. Harapan, yang rasanya bisa - atau sangat bisa - untuk direalisasikan, meski nanti akan ada aral yang menghambat. Kalau pun ada aral, anggaplah itu intermezzo dari sebuah perjalanan.

Semoga saja, tiga bulan awal yang penuh kegiatan positif (eh, para narsiser di CahAndong, foto-foto bareng untuk menunjukkan kenarsisan kita itu termasuk kegiatan positif, to?) itu bisa menjadi awal, agar ke depan, CahAndong bisa berbuat lebih banyak. Baik bagi manusia di sekitarnya, bagi lingkungan yang melingkupinya, bagi Indonesia, atau bahkan bagi dunia.

Semoga saja tiga bulan awal itu tidak hanya sekadar obor blarak. Padhang mung nang ngarep, tapi akhire mak pet, mati, terus ra ono kelanjutane. Jangan. Idealnya, sebuah komunitas dibangun, bukan untuk hidup hanya sesaat, kemudian menghilang tanpa memberi arti saat masih eksis. Saya, dan semoga semua andongers, berharap agar komunitas ini tetap eksis, sampai kapanpun.

Semoga..

tukang nggedeblues, juragane http://irf.blogsome.com


19 Komentar

  1. matriphe

    amiin..

    saya menyesal gabung cahandong.. isinya cuma kumpal-kumpul, dolan-dolan, makan-makan, aah.. boros…

    tapi gimana yo? ENAK je.. :))

  2. Mbilung

    dan saya ingin sekali bertemu para cah andong biar saya bisa melihat jogja tanpa kacamata kuda :D

  3. Om Sulis

    dan saya ingin nunut ketemu seleb blog :D. boleh to mas2 dan mbak2 andongers? mski saya bkan andongers dan saya ndak punya blog :P

  4. blueais

    bocah gunung munggah mudun gunung, boros tenan, ngentek-entek`i tenan melu cahandong iki, tapi wis piye, wong manteb`e koyo ngene, numani *marahi tuman*, nyenengke, jos gandos thir thir pokoke, lha mosok aku sampe klewatan, yo nek iso ojo. Wis to pokoke, ayo melu cahandong *nek ndi?*, wis melu wae :p :D

    [tampilan baru, jossss gandos thir thir tenan kieeee]

  5. thuns

    cahandong emang TOP!
    …salut buat para warganya yg hebat2…
    ingin rasanya belajar dari cahandong ;)

    siiiip… teruskan!

  6. Alex Budiyanto

    Baru gabung dengan CahAndong kurang dari sebulan saya sangat MENYESAL sekali.
    Loh, kenapa Lex kok sampai menyesal?? Yah saya MENYESAL sekali kerena kenapa ndak dari dulu-dulu gabung dengan komunitas ini :-D
    Setelah gabung dengan komunitas ini saya berubah menjadi :

    Tambah Narsis [Setelah saya sadar bahwa saya cakep(tm)] *lirik ke aat*
    Tambah Boros [acarane makan2 wae je]
    Tambah Gila [Ketularan para eblis(tm)]
    de el el

  7. templank

    gue jauh jauh dari jakarta cuman mo daftar cah andong… kurang apa pengorbanan gue coba.. ck ck ck…

  8. unai

    wah baju baru?? horee dalam rangka menyambut tahun baru kah?
    Hmmm sukses yah cahandong, walopun umur masih seumur tauge…saluts

  9. araw

    Akhir tahun semoga lebih mengena dan introspeksi bagi cahandong tetap jaga semangat kita bersama untuk kemaslahatan Jogja khususnya dan bangsa pada umumnya, tuk Irf… kok ra tau melu kopdar sibuk po kang?

  10. chocoluv

    new and fresh, and… wuh! artikelnya keren!
    smoga cahandong di masa pertumbuhannya, bisa tambah berguna :D

  11. eko marssetiawan

    amien….

  12. Hd

    smoga dengan adanya tahun baru ini kita juga punya banyak teman baru di dalamnya
    ngak hanya zam karo dipto! njelehi… :)

  13. diditjogja

    iyo..ki..!!
    edyan tenan komunitas ki!!
    menguras kantong,bensin,waktu dan tenaga…
    tapi….aku jadi awet muda!!!
    :-"

  14. amma

    sing penting do guyub :)

  15. mina

    sukses dan moga terus eksis buat cah andong. saya mau ikutan (makan-makan), sayang gak tinggal di jogja

  16. toooooooooooooooooopics

    semakin banyak yang narik andong, andong akan berlari semakin kencang…. yuuuuk tarik maaaanngggg!!!!!

    jak jak herr!!!!

    btw, tulisane mas irf sip… (maklum kan tukang makaryo.. :D)
    bikin terharu.. hiks hiks…

  17. escoret

    amin……
    tulisanmu keren boss..koyo wartawan..hehehhe

  18. Ken

    Walaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhh, aku dadi isin tenan ki karo Andong2 liane, soale aku gak tahu nang Yk je, tapi asline aku cinta tenan karo sampeyan2 :P sebab aku wong Yk kur ora nyambut gawe nang Yk dadi harap maklum nek aku jarang biso kumpul karo sampeyan ya…

    Sing penting jiwaku jiwa Yk !!!!!!!!!!!!!

  19. say

    hehehe…. hebat…. sing nulis sopo seh…???

    semalem kumpul² ya… sem marai pengen…
    tunggu akhir tahun aku ikut kegiatane…
    kangen kangen kangen………………


Silakan Berkomentar

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

patangpuluhan