24 July 2017 • Selamat Sore

umum

CahAndong di Radar Jogja

Acara Pelatihan Blog kemarin ternyata diliput oleh salah satu koran terkemuka di Jogja, yaitu Radar Jogja, salah satu grup Jawa Pos. Hal ini merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi CahAndong, mengingat usia komunitas ini baru 2 bulan.

Berita ini dimuat pada Radar Jogja edisi Minggu Pon, 17 Desember 2006, pada halaman rubrik Ragam, halaman 4. Berita yang dimuat tidak tanggung-tanggung, yaitu separo halaman! :)>-

Ada 2 buah artikel yang dimuat. Yang pertama adalah mengenai profil dari CahAndong. Artikel ini banyak membahas mengenai sejarah terbentuknya komunitas, hingga visi, misi, dan tujuan dari komunitas ini. Kemudian yang kedua mengulas acara pelatihan blog yang diselenggarakan oleh Gen.K Communication dan CahAndong sebagai pengisi materi.

Berikut ini cuplikan berita yang dimuat pada koran Radar Jogja.

Mengenal Komunitas Blogger di Jogjakarta

Bermula dari Curhat

Banyak komunitas berdiri di Jogjakarta. ada komunitas seniman, pengusaha, kolektor benda, pecinta sepeda angin, hingga bird watching. Komunitas yang belum banyak dikenal adalah para pecinta blogger.

Salah satu kelompok pecinta blogger adalah Komunitas Cahandong. Sebelum terbentuk, para anggotanya sering menulis artikel dan pemikiran di blog masing-masing. Beberapa blogger yang kebetulan membaca kemudian memberi komentar. “Karena seringnya komunikasi, bahkan jadi ajang curhat,” ujar Zamroni, salah seorang blogger yang dituakan di komunitas ini.

Setelah lama berkomunikasi melalui dunia maya, akhirnya beberapa blogger berkeinginan untuk kopi darat atau berjumpa. Dari pertemuan dan seringnya berkumpul para blogger yang tidak hanya berasal dari Jogja, tapi juga dari Solo dan Semarang, ini akhirnya menemukan kesamaan, rasa kebersamaan, dan kekeluargaan.

Beberapa blogger kemudian mempunyai ide untuk mengadakan acara. Pertama kali acara yang diadakan adalah sumbangan kepada salah satu anggota blogger yang menjadi korban gempa. Acara bernama Klaten Ceria ditujukan untuk membantu pemulihan psikologis anak-anak di daerah Klaten.

Setelah beberapa kali bertemu, muncul usulan untuk membuat suatu komunitas. Kemudian 7 Oktober 2006, Komunitas Cahandong lahir bertempat di Warung Mak Zam. Pertama kali, anggotanya hanya 15 orang.

Nama itu berasal dari kata “andong” atau alat transportasi yang menggunakan kuda. Nama ini dipilih karena alasan unik dan merupakan salah satu ciri khas Jogja. “Ini hanya sebagai ciri khas kami dan agar enak untuk komunikasi saja,” tutur pria yang masih kuliah di UGM ini.

Memang diakuinya, CahAndong bukan komunitas blogger pertama di Jogja. “Komunitas ini bukan bermaksud menyaingi komunitas yang sudah terlebih dulu ada, akan tetapi ingin menambah warna-warni dunia perbloggingan, dengan mengangkat tema pariwisata dan sosial,” kata pemilik blog www.blog.matriphe.com.

Jogjakarta, lanjutnya, memang eksotis. Mulai dari keramahan warga, suasana kota, makanan, tempat-tempat wisata, kebudayaan, tradisi, kesenian, hingga blogger. “Alasan inilah yang membuat blogger Jogja sering berkumpul, bertemu, dan berinteraksi ini berniat untuk mengeksplorasi eksotisme Jogja. Dan kita juga berupaya salah satu yang akan mengenalkan Jogja lewat dunia blogger,” papar Zamroni sambil menjelaskan salah satu alasan pendirian komunitas ini bertepatan dengan HUT Jogja.

Kemudian pada artikel berikutnya, berikut ini cuplikannya.

Kenalkan Produk Lewat Blogger

Ingin bisnisnya sukses, Forum Pemuda Produktif (FPP) membuat terobosan. Kumpulan pemuda binaan Dinas Pendidikn Provinsi DIJ ini menggelar pelatihan membuat blogger. Kegiatan berlangsung Minggu (10/12) di Taman Kuliner, Condongcatur, Depok, Sleman.

“Ya produk karya dan kerajinan kita akan kita tawarkan loewat blogger,” ujar Ketua FPP Fahrurrozi, di usai acara. Dikatakan, anggota FPP terdiri dari para pemuda yang rata-rata mempunyai usaha dan kreatif berkarya. Seperti bisnis komputer, kerajinan, dan seniman musik dan tari. Namun, selama ini usaha dan karya yang dihasilkan tidak begitu dikenal masyarakat. “Sebab, penyampaian informasinya hanya door to door,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya pelatihan blogger ini, para anggota FPP kemudian bisa membuat blog sendiri yang memuat informasi seputar produk dan karya masing-masing. “Blog ini kn bisa diakses dari seluruh dunia. Jadi bisa menjadi media informasi. Dengan begitu bagi yang berminat bisa menghubungi dengan cepat,” katanya.

Ia juga menjelaskan banyak keuntungan yang diperoleh dengan memiliki blog. Selain sebagai media informasi yang cepat, akurat, dan lengkap, biaya yang dikeluarkan juga relatif murah. “Nggak perlu kita mengeluarkan budget yang mahal. Kita hanya cukup sewa internet saja untuk akses informasi tentang produk kita.”

Sementara, kegiatan ini berawal dari obrolan sederhana yang dilontarkan Elysanto, salah seorang personil Genk Kobra, yang disambut positif oleh Cahandong. Peserta berasal dari Ikatan Keluarga Pesantren Modern (IKPM) Gontor DIJ dan Forum Pemuda Produktif (FPP) Jogjakarta yang dijembatani Gen.K Communication.

Ide yang disampaikan melalui obrolan cyber kemudian diteruskan dengan sebuah perjumpaan hangat (kopdar) yang akhirnya direalisasikan. Acara ini diikuti sekitar 80 orang. Sedang dari Cahandong ada 17 orang yang hadir dalam acara. Namun, hanya empat orang yang menyampaikan materi, yakni Adi, Pepeng, Monik, dan Zam serta moderator yang dipegan oleh Didit.

Materi yang disampaikan antara lain sejarah blog dan pengertian blog, disampaikan oleh Adi. Manfaat blog, dikupas tuntas oleh Pepeng. Sistematika pemguatan blog dengan menggunakan blogger.com dibawakan Monik. Memperkenalkan komunitas Cahandong oleh Zam. Acara berlangsung pukul 14.00-17.45.

Setelah pelatihan, seperti biasa ada evaluasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan. Dilanjutkan dengan Gala Angkringan. Para peserta dan panitia makan bersama di angkringan khas Jogjakarta. Tapi makanan yang tersaji tidak hanya khas angkringan, ada juga, bakso, soto, bakmi jawa, brongkos, teh hangat, dan wedang secang.

Berikut ini skrinsut artikel yang dimuat Radar Jogja. Klik pada gambar untuk memperbesar.

CahAndong di Radar Jogja


20 Komentar

  1. can_fun

    Wahhh, hebat tenan ki Andong2 yang bertugas, semoga banyak yang undang pelatihan ya Di, ben tambah terkenal lan tambah personel sing melu Andong…

  2. ekowanz

    wah tambah sukses aj nih :D

  3. templank

    apakah kita bermula dari curhat..? keknya ngga ya!

  4. matahari

    sipppppp, keren banget dah! sayang sedikit wajah cahandong yg nampang di koran.

  5. blueais

    Wis Jian, Pokok`ke Manteb Tenannnn, Luph U CahAndong :p

  6. tukang nggedeblues

    lho, wis dimuat to? walah, tak kiro durung.
    selamat, bro !!!!

    btw, buat eblis matriphe, sido nang bebek goreng ra? hehehehe.

  7. chocoluv

    wuuu
    zam narsis! :P

  8. mbokde

    selamat…sukses yah buat Cahandong…MInggu kita liput ngrenehan dan pantai lainnya, Ok

  9. mbokde

    komen lagi ah, tadi belom baca Radarnya..sekarang udah wah pancen oye kok ;) gutlak

  10. toooooooooooopics

    2 bulan aja dah masuk Radar Jogja, kalo lebih gedhe masuk tipi donk…

  11. bodi

    curhat ??? wartawannya kali yang suka curhat hehehe

  12. pepeng

    sip tenan..!!!!

  13. amma

    mantab ki..:D

  14. say

    kerenn…… top…. salud

  15. Deni Malyono

    waduh sukses yah dengan, komunitasnya. tolong dong kirimi gua cara bikin blog. kalo bisa yang nggak pake HTML-nya. Gua belum tahu bantak tentang HTML yach. Makasih

  16. benx

    Baru tau sayah,,,,suxes terus,,,,

  17. aditya

    sukses ya bro…
    gue pengen gabung neh…

  18. Naren : Lomba Blog

    Lomba buat blogger jogja di JEC 15-23 November 2008

    Bagi yang mau daftar, klik link, pendaftaran gratis

    Hadiah utama Rp 1.000.000,00

  19. Coba

    Coba, sory mas nyoba

  20. sri puji

    selamat malam radar jogja……
    maaf ganggu,,,,saya cuma mau tanya mengenai animasi yang dipakai radar jogja dalam pembuatan korannya. soalnya waktu kunjungan industri kemarin khan kita kurang jelas, karena yang banyak dijelaskan hanya tentang penjualannya saja.
    mohon bantuannya..?!!! :)


Silakan Berkomentar

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

bebeng