28 June 2017 • Selamat Pagi

kegiatan

Launching Tour-de-Djokdja

adi-amma

Banyak acara bertubi-tubi bulan ini. Kalo kmaren CahAndong menjadi pemateri, Selasa, 12 Desember 2006, 7 anggota cahandong mendapat undangan dari YogYes.com untuk menghadiri launching Tour de Djokdja (TDJ). Ada matriphe, thestoopid, kecilmungil, bodi, alex, ais dan diditjogja yang memenuhi undangan tersebut.

Acara dibagi menjadi 2 bagian: Pengajian DOTCOMERS v3 dan launcing TDJ itu sendiri. Yang lucu, acara pertama, pengajian DOTCOMERS itu bukan seperti pengajian pada umumnya. Mengkaji kitab, mengedit ahlak, memformat moral, upgrade amal perbuatan, tidak dapat ditemui dalam “pengajian mbeling” ini :D.

Kalo saya bilang, malah lebih mirip kuliah marketing. Mengkaji web dari sisi penjualan, untuk meraup uang. Bpk Nukman, dari Virtual Consulting, seorang praktisi web, pemantan pengembang detik, banyak memaparkan strategi dalam e-commerce. Mengambil contoh dari Detikcom, banyak hal yang tidak terduga untuk bisa survive dalam bisnis ini.

Nukman Luthfie memberikan materi pengajian
Pak Nukman Luthfie, pemateri Pengajian DOTCOMERS v3

Tetapi, pembeda dengan kuliah marketing biasa, beliau memaparkan semua hal dengan bahasa enak, nyantai, banyak lelucon, bahkan cenderung kurang ajar. Misal: ada seorang penanya, tentang gimana bisa bikin bisnis Linux di internet. Beliau malah meminta si penanya ini maju, trus melihat bagaimana si penanya berjalan, beliau dengan santai berkomentar:

~ “tuuh liat, dari jalannya aja, ga mantap, kaya orang miskin” :))
- …
~ eh, mas namanya siapa?
- Jodi pak!
~ Wah nama yg bagus!
~ Wah berarti orang tua anda merasa bersalah melahirkan anda!
~ Pasti orang tua anda merasa wajah anda tidak akan setampan saya, sehingga mereka berusaha memberikan nama yang bagus!
- …
=))

Temen-temen Andong pada nyontek
kok pada nyontek sih?

Acara kedua, dilanjutkan setelah coffee break, adalah launching Tour de Djokdja. Ada sebuah video yg dikemas menarik tentang betapa minimnya informasi masyarakat Jogja tentang informasi obyek wisata yang menarik di kota mereka sendiri.

Mas Agus memperkenalkan Tour de Djokdja
mas Agus, sebagai pendiri YogYes.com, memperkenalkan Tour de Djokdja

Sebenarnya, TDJ sudah terkenal di kalangan CahAndong, tentu saja, karena TDJ sponsor dari CahAndong *ngelirik banner di bawah*. Tapi, mungkin launching ini lebih mengkhususkan ke semua DOTCOMERS untuk bergabung dengan TDJ.

Ada beberapa kekurangan dalam acara ini, acara launching malah kalah meriah daripada acara pengajian DOTCOMERS, yg (menurut saya) bukan acara inti. Tidak ada acara gunting pita seperti launching yg laen, video presentasi yg minim walau menarik, tidak ada pengenalan fitur-fitur TDJ, keunggulan TDJ, media yang diundangpun tidak mewakili semua media lokal Jogja, alhasil, launchingnya kurang pas. Bahkan waktu saya ngobrol dengan rekan dari JogjaTV, dia baru menerima undangan ini hari senin, 1 hari sebelum acara dimulai. (hehehe, maap mas Agus, saya rese yah, ga dikasih kaos sih! Hehehe!)

makan siang di hotel
sekali-kali makan di hotel berbintang dong!

Ada sebuah pelajaran yg bisa diambil: bahwa blog-pun bisa menghasilkan duit. Pak Nukman bilang, “Blog itu menang di content, kalo anda pertahankan content yg diminati pengunjung, yaa anda kembangkan content tersebut!”

Postingan terkait:


12 Komentar

  1. diditjogja

    mantap ooiiiii……kayaknya pengajian beginian gak nambah alim,nambah doa kali ya,kebanyakan ketawanya sih ya?! aa gym pasti kalah kalo pengajiannya kayak gini…

  2. ufan

    Cah Andong-ers emang gak kalah top sama pak Nukman sama yogye dalam hal ramah nya :D jadi pingin ke Jogja lagi neh

  3. tukang nggedeblues

    huuuaaaaaaaaaaaaaa ……….. banyak acara keren, gak bisa ikut ………….. hiks …………. sedih ……………… kudu makaryo …………. hiks ……………….

    btw, kapan yah bisa kumpul lagi? solo-jogja gak jauh, tapi sekarang gak bisa seenaknya main ke sana. lha makaryo mangkat isuk teko bengi …. hiks ….. tapi ra popo lah, demi masa depan :p

    apa kabar, kawan2?

  4. amma

    banyak acara bikin kita makin banyak pengalaman n semoga makin berkembang…
    tetep semangat aja yaks…

    eh komen opo tho aku iki?
    gpp lah..biar bodo sing penting MODIS!!
    wakakakaka…

  5. matahari

    wah hebat. cah andong solid juga ternyata :D salut! salut atas usaha temen2 mengangkat jogja lewat dunia internet!

  6. bodi

    acara yang seru dan penuh dengan energi …… semoga ada lagi acara serupa dengan pembicara yang seru keq pak nukman ….

    buat pak nukman: saya juga imut lo pak ….. :))

  7. Alex Budiyanto

    Hoi, alamat blog-ku salah… :-(
    sing bener http://alexbudiyanto.web.id *pasang muka sereeeeeeeeem*
    btw, asyik juga pengajian-nya, ntar kalau ada lagi kasih kabar yah… ;-)

  8. blueais

    wah, kapan2 tetep kudu melu meneh kie, enak je .. makan gratis :D *tuman*

  9. blueais

    o iyo daku punya rekamannya kemarin ceramahe pak nukman, ada kalo 1 jam-an, walopun kurang lengkap soale telat beberapa menit, tapi lumayan … blom tak convert ke mp3, ada yg mau? kapan2 yak .. :D

  10. pembaca setia

    :)

  11. Okto Silaban " the Laban's "

    Lho?? ngeliat tulisan di atas aku rada bingung.., terutama sekitar paragraf terakhir..
    Setahuku acara intinya memang bukan TDJ.., tp ya acaranya Pak Nukman itu..
    CMIIW..

    Btw, salam kenal buat semua teman2 cah andong.., beberapa ternyata udah kukenal ya.. tak disangka dunia memang sempit.. :D

  12. Alicepyon

Silakan Berkomentar

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

pakem